Dicari, Bibit Pemain di NTB

VIVAnews - Provinsi Nusa Tenggara Barat harus mencari bibit pemain sepakbola untuk mengembangkan persepakbolaannya. Hal itu dikatakan Direktur Badan Liga Indonesia (BLI) PSSI, Andi Darussalam dalam acara Sarasehan Peningkatan Persepakbolaan NTB di Lombok Barat.

Andi meminta agar NTB tidak mencetak pemain karbitan. Artinya, mengambil bibit pemain dari daerah lain yang kemudian diklaim sebagai pemain asal NTB.

Untuk itu, perlu adanya peningkatan pola latihan. Juga pembinaan terhadap pemain sebagai modal dasar untuk bersaing.

"Sementara ini, pemain di NTB masih tahap amatir. Kita butuh modal banyak untuk meningkatkan level ke tingkat yang lebih tinggi," katanya kepada wartawan, Jumat 6 Maret 2009.

Perbaikan kualitas persepakbolaan NTB menurutnya juga harus didukung dengan infrastruktur yang layak. Salah satu alternatif pendukung yang dimiliki NTB adalah stadion yang berkapasitas 35 ribu penonton. Stadion itu dinilai akan mendukung perkembangan sepakbola NTB. 

Andi berharap pemerintah NTB memperhatikan persoalan infrastruktur itu sebagai hal yang perlu ditindaklanjuti. Sebab, selain menjadi daya tarik investor, sepakbola juga menjadi penggerak ekonomi dimana seluruh elemen masyarakat akan bisa menikmatinya.

"Jadi sekarang tergantung pembinanya mau bagaimana. Saya kira pemerintah sudah banyak mendukung. Semua akan bangga kalau daerahnya bagus, baik dari segi alam maupun sumberdayanya," papar Andi.

Sementara itu, Staf Khusus Menkokesra, Lalu Mara Satriawangsa, mengharapkan ada pemain muda berbakat asal NTB yang dapat berlaga di pentas nasional. Dengan demikian klub-klub NTB akan bergairah dan tertantang untuk meningkatkan kualitas pemainnya.

Artinya, apapun kendala yang dihadapi NTB saat ini dapat diatasi dengan kerjasama oleh semua elemen masyarakat. "Tentunya, kita harus optimistis dengan datangnya sejumlah pelatih dan beberapa ujicoba, pemain akan menciptakan kondisi yang berbeda pada persepakbolaan di NTB," tandas Mara.

Saat ini NTB memiliki sembilan klub sepakbola dengan komposisi satu klub Divisi I, tiga klub Divisi II dan lima klub Divisi III. Kedatangan Direktur BLI ke NTB diharapkan dapat meningkatkan semangat insan persepakbolaan di NTB.

Laporan: Edy Gustan/Mataram

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?
Vaksinasi PMK bagi hewan ternak di Kota Tangerang

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Wabah PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku masih menjadi momok menakutkan bagi para peternak. Adanya hal ini, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang terus memasifkan pem

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024