AFC Cup 2009

PSMS Hadapi South China Tanpa 4 Pilar

VIVAnews - Penampilan perdana PSMS Medan di pentas AFC Cup 2009 diwarnai kabar buruk. Empat pilar Ayam Kinantan dipastikan tak bisa tampil saat menghadapi South China pada penyisihan Grup F yang akan digelar di Stadion Mongkok, Selasa, 10 Maret 2009.

Empat pemain yang absen terdiri atas Markus Horison kiper, Asri Akbar gelandang serang, Oktavianus Maniani, dan Edi 'Sibung' Sukamto. Markus dan Asri tak bisa tampil karena cedera. Sedangkan dua pemain lainnya terganjal kartu merah yang mereka dapat saat membela PSMS di play off Liga Champion Asia (LCA) beberapa waktu lalu.

Menurut pelatih PSMS, Liestiadi, timnya berangkat dengan kekuatan 17 pemain. Mereka berangkat dari Bandara Soekarno Hatta, Minggu, 8 Maret 2009 pagi.

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

"Kami memang hanya membawa 17 pemain ke Hong Kong, karena ada yang cedera serta akumulasi kartu. Meski demikian, kami tetap optimistis bisa meraih poin di laga tersebut, karena sudah memiliki gambaran kekuatan tim lawan," kata Liestiadi kepada Artha Tidar, wartawan GOSport.

Liestiadi mengaku mengetahui kekuatan tim lawan dari internet. Meski tidak melihat langsung, informasi  yang sudah dikumpulkan menurut Liestiadi sudah cukup untuk mengetahui titik-titik lemah tim lawan, termasuk keberadaan dua pemain asing asal Brasil di tim tersebut.

"Dari data yang kami peroleh, South China termasuk pimpinan klasemen di liga domestik Hong Kong. Itu artinya, mereka tim bagus meski jumlah klub yang tampil di liga mereka tidak sebanyak di negara kita. Apa pun juga, kami bertekad meraih kemenangan," tambah pria yang akrab disapa Lies ini.

Ditanya mengenai absennya Markus di bawah mistar gawang, Liestiadi menyatakan jika dirinya tidak begitu khawatir karena masih memiliki Galih Sudaryono yang tentunya masih bisa diandalkan meski diakuinya kualitas Galih tak sebaik Markus.

Keyakinan yang sama juga berlaku untuk tiga pilar lainnya. Menurut Liestiadi, absennya Oktavianus, Edi, dan Asri tak akan tertutupi oleh penampilan tiga legiun asing Ayam Kinantan. 

“Selain itu, kami akan memainkan tiga pemain asing. Mereka adalah Leonardo Zada, Esteban Javier, dan Mario Costas. Memang, Zada kondisi lututnya masih nyeri, tapi semoga dia bisa tampil," kata pelatih yang akrab disapa Lies itu.

Sementara itu, South China yang dikenal sebagai South China AA club  sudah siap meladeni PSMS Medan. South China merupakan jawara di kompetisi Divisi Utama liga Hongkong 2008 lalu .

Klub yang berjuluk Pendekar Shaolin ini, memiliki beberapa pemain top di Hongkong. Pemain yang pantas diwaspadai antara lain adalah striker anyar asal Brasil, Carlos Eduardo “Caca” Ferrari yang sudah melesakkan 6 gol, meski baru tampil di 8 pertandingan terakhir.

Nama Au Yeung Yiu-Chung juga merupakan andalan tim yang sebetulnya bermarkas di Hongkong Stadium ini. Yiu-Chung adalah pemain masa depan timnas Hongkong. Masih berusia 19, gelandang serang muda ini kabarnya pernah mengikuti tes dengan Akademi klub Chelsea tahun lalu, namun gagal lantaran fisiknya yang dinilai kurang kokoh. Yiu-Chang saat ini sudah mengoleksi 7 gol.

Prediksi Line Up
South China AA (3-5-2)
K.C Ho;P.T Man (g), W.C Han, C.H Lee; K.P Kwok, Au Yeung Yiu-Chung, S.K Chan, Maxwell, Detinho; Carlos Caca Ferrari, T. Schultz
Pelatih: Liu Chun Fai

PSMS (4-2-3-1)
Galih Sudharyono; Rachmadani, Reswandi, Aun Carbiny, Dodik Cahyadi; Esteban Guillien, I Komang Adnyana;Ellie Aiboy, Leonardo Zadda, Rachmat Affandi; Mario Costas
Pelatih: Liestiadi

Pemerintah Republik Oriental Uruguay menjajaki kerja sama Jaminan Produk Halal (JPH) dengan Pemerintah Republik Indonesia.

Uruguay dan Indonesia Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal

Pemerintah Republik Oriental Uruguay menjajaki kerja sama Jaminan Produk Halal (JPH) dengan Pemerintah Republik Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024