Copa Indonesia

Persija Ogah Tampil Bertahan di Leg Kedua

VIVAnews - Persija Jakarta menang telak 3-0 dari Persiba di leg pertama babak 16 besar Copa Indonesia 2008/2009. Namun tim berjuluk Macan Kemayoran itu menolak untuk tampil bertahan saat meladeni Beruang Madu-julukan Persiba di leg kedua yang akan digelar Selasa, 11 Maret 2009.

Pertarungan leg kedua akan digelar di kandang Persiba, Stadion Persiba Balikpapan. Meski tampil sebagait tim tamu, perjuangan Persija sebenarnya tidak terlalu berat. Untuk lolos ke babak 8 besar, Persija hanya perlu menghindari kekalahan di atas 3 gol.

"Kami punya modal yang cukup baik di leg pertama. Tapi kami tidak akan menerapkan permainan bertahan pada leg kedua. Permainan seperti itu justru akan membuat tim lawan punya banyak kesempatan untuk mencetak gol ke gawang kami," kata Danurwindo, pelatih Persija Jakarta, saat dihubungi VIVAnews, Selasa, 11 Maret 2009.

Menurut Danur-panggilan akrab Danurwindo-strategi yang ideal untuk mengimbangi permainan Persiba adalah dengan memperkuat barisan pertahanan tanpa melupakan ketajaman lini depan.

Polisi Bongkar Sifat Sopir Truk Ugal-ugalan yang Sebabkan Kecelakaan di GT Halim

"Dengan demikian, kami juga punya kesempatan untuk mencetak gol. Di kedua ini kami harus bermain aman," kata mantan pelatih PKT Bontang itu.

Meski demikian, Danur belum mau membocorkan skuad inti yang akan memperkuat Persija di leg kedua nanti. Dia juga menolak merinci tiga pemain asing yang akan diturunkan. "Kita lihat kondisi mereka. Siapa yang lebih siap itu yang akan kita mainkan," kata Danur.

Saat Persija memiliki lima pemain asing. Mereka terdiri atas, Abanda Herman, Pierre Njanka, Robertino Pugliara, Greg Nwokolo, dan Fabio Lopez. Untuk babak 16 besar, Badan Liga Indonesia (BLI) hanya memperbolehkan menurunkan tiga pemain asing.

Di leg pertama, tiga pemain yang ditunjuk memperkuat Macan Kemayoran adalah Abanda Herman, Robertino, dam Greg. Bila Persija berniat memperkuat barisan pertahanannya, Danur sejatinya akan menurunkan Abanda Herman dan Pierre Njanka di lini belakang.

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

Dengan catatan, Danur harus memarkir salah satu legiun asing yang ada di posisi penyerang. Pilihannya antara Greg Nwokolo atau Robertino Pugliara.
Sayang, Danur enggan berkomentar mengenai kemungkinan ini.

"Bisa jadi keduanya (Abanda dan Njanka) kita turunkan bersamaan tapi bisa juga tidak. Tergantung kebutuhan nanti saja," kata Danur berkelit.


Tidak Terbeban dengan Kekalahan di LSI
Dalam bulan ini, Persija Jakarta dua kali bertemu dengan Persiba Balikpapan. Pertemuan pertama terjadi di Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009. Pada pertandingan yang digelar di Stadion Persiba Balikpapan, Sabtu, 7 Maret 2009 itu, Persija keok dengan skor 0-2.

Menurut Danurwindo, hasil ini tidak berpengaruh bagi penampilan di leg kedua nanti. Sebab, kekalahan dari Persiba disebabkan kondisi pemainnya yang tidak lengkap. Empat pemainnya tidak bisa tampil karena akumulasi kartu kuning saat Persija bertemu PKT Botang lima hari sebelumnya.

Tiga dari empat pemain itu merupakan pilar inti Persija. Mereka adalah Abanda Herman yang menjadi palang pintu di lini belakang dan duet Aliyudin-Bambang Pamungkas di lini depan. Sedangkan satu pemain lagi adalah pemain pelapis Melkey Pekei.

"Tanpa Ali-Bambang, kami sangat sulit untuk mencetak gol. Demikian juga dengan absennya Abanda. Dia biasanya yang menghadang bola-bola atas dari lawan. Dan itu terlihat saat kami berhadapan dengan Persiba. Satu dari dua gol yang tercipta berasal dari tendangan sudut," kata Danur.    

"Di leg kedua nanti, seluruh pemain bisa tampil. Jadi saya pikir hasilnya akan beda."

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini
Gunung Marapi, Sumbar.

Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan

Aktivitas Gunung Marapi, di Sumatera Barat, kembali meningkat setelah sempat mereda. Pada Jumat, 29 Maret 2024 pukul 19.39 WIB. Bandara juga ikut terganggu akibat erupsi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024