Dugaan Suap Anggota KPPU

Mantan Ketua KPPU Akan Diperiksa Hakim

VIVAnews - Mantan Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Syamsul Maarif dan anggota KPPU Tadjudin Noer Said akan diperiksa Jaksa Penuntut Umum siang nanti. Mereka akan bersaksi dalam kasus dugaan pemberian gratifikasi kepada mantan Komisioner M Iqbal dari Eksekutif Lippo Group Billy Sindoro.


Komisi Pemberantasan Korupsi menduga pemberian itu terkait putusan KPPU terhadap siaran liga Inggris pada stasiun televisi berbayar Astro.

Tajoedin dalam dakwaan jaksa disebutkan sebagai pihak yang memperkenalkan Billy dan Iqbal. Tajoedin kerap mengirimkan pesan singkat kepada Iqbal mengenai perkenalan itu.

Sementara Syamsul akan diperiksa mengenai peran dia sebagai ketua komisi ketika itu. Dalam persidangan dengan terdakwa Billy, ia mengaku tidak mengetahui mengenai perkenalan Iqbal dan Billy. Termasuk komunikasi yang antar keduanya.

Jaksa menduga ada komunikasi intens antara Billy dan Iqbal. Salah satunya berupa surat elektronik yang dikirimkan Billy. yang mengusulkan adanya klausul injunction.  Isinya mirip dengan putusan pada diktum kelima.

Putusan bernomor 03/KPPU-L/2008 pada diktum ke lima berbunyi All Asia Multimedia Networks, FZ-LLC untuk menjaga dan melindungi kepentingan konsumen TV berbayar di Indonesia dengan tetap mempertahankan kelangsungan hubungan usaha dengan Direct Vision dan tidak menghentikan seluruh pelayanan kepada pelanggana sampai adanya penyelesaian hukum mengenai status kepemilikian PT Direct Vision.

Iqbal ditangkap komisi bersama Billy Sindoro pada September silam di Hotel Arya Duta Semanggi. Bersamaan itu, KPK turut menyita tas yang ternyata berisi uang Rp 500 juta. Ketika ditangkap, Iqbal mengaku tas
tersebut bukan miliknya melainkan milik Billy.

Dalam kasus ini, Billy divonis bersalah oleh majelis hakim dan dihukum 3 tahun kurungan. Billy pun menerima putusan itu. Saat ini, ia tengah mendekam di rumah tahanan Kepolisian Jakarta Barat.

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral
Striker Persik Kediri, Flavio Silva

Perburuan Top Skor Liga 1 Memanas! Flavio Silva Ancam David Da Silva

Perburuan top skor Liga 1 2023/24 memanas. Bomber Persib Bandung David Da Silva yang sebelumnya adem ayem di atas mendadak dapat pesaing. Ada Flavio Silva.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024