Sultanah

VIVAnews - Sultanah, bagi yang mengira tingginya derajat dan kemuliaan hanyalah milik laki-laki, kiranya layak untuk menyimak cerita ini. Cerita di mana cinta dan kasih sayang, sikap adil serta kearifan, bersipadu dalam diri seorang ibu.

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Alkisah, malam itu udara kota Mekkah begitu dingin, angin tajam terasa perih menggerus kulit. Seorang lelaki tua, seorang sufi yang masyhur namanya, Abdul Qadir Jailani, berjalan sendirian memasuki gerbang kota yang gelap menuju Ka’bah, rumah Tuhan itu.

Dalam hati, Abdul Qadir membatin dengan penuh rasa syukur. “Ya Allah, terima kasih atas cuaca baik yang telah Kau datangkan untuk menemaniku bersujud kepadaMu.”

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Beginilah sifat dan perilaku manusia yang hatinya telah dipenuhi oleh cinta. Situasi yang jelas-jelas tidak bersahabat, yang seringkali kita mengeluh karenanya, di hadapan orang seperti ini malah diterima dengan kegembiraan yang tulus sebagai karunia.

Setelah melewati gerbang kota, Abdul Qadir tiba-tiba dikejutkan oleh satu sinar terang yang terlihat berputaran mengelilingi Ka’bah. Abdul Qadir tidak bisa memastikan benda apakah yang ada di sana, karena jarak antara dirinya dan Ka’bah masih jauh dari langkah.

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Namun perlahan, seiring tapak kakinya yang semakin dekat, Abdul Qadir tahu, bahwa sosok putih itu bukanlah sebuah benda, melainkan manusia! Keterkejutan Abdul Qadir kiranya tak hanya sampai di sini. Yang lebih membuat sufi besar ini takjub, adalah kenyataan bahwa manusia yang dilihatnya itu seorang perempuan setengah baya dengan sebelah kaki yang buntung pula!

Sisa darah masih terlihat jelas di lukanya. Perempuan itu berthawaf - ibadah dengan cara mengelilingi Ka’bah sambil berdo’a - terlihat begitu khusuk hingga tidak merasakan kehadiran seseorang yang berdiri takjub memandanginya.

Abdul Qadir seketika mengurungkan niatnya untuk berthawaf dan memilih menunggui perempuan itu menyelesaikan thawafnya. Setelah perempuan itu selesai dengan thawafnya, Abdul Qadir lalu datang menghampiri sambil memberi salam padanya.

Perempuan itu berpaling seraya menjawab salam sang guru. Abdul Qadir kemudian bertanya. “Siapakah engkau wahai perempuan salehah, dari mana asalmu, dan apa yang menyebabkan sebelah kakimu buntung?”

Perempuan itu lalu bercerita tentang dirinya, dan sebab yang menjadikan kebuntungan kakinya. “Wahai Abdul Qadir, saya tinggal di luar kota, arah utara dari Baitullah ini. Saya seorang janda dengan anak yang masih kecil.

Beberapa hari lalu, saya dirundung perasaan rindu yang sangat untuk datang ke rumah suci ini. Namun, karena anak saya selalu menangis jika malam tiba, rasa rindu itu hanya bisa saya simpan dalam hati.

Sebab walau bagaimanapun, wahai Abdul Qadir, saya tidak mungkin meninggalkan anak saya dalam keadaan menangis, meski untuk sebuah rindu yang bersangatan.

Dan saya yakin, Tuhan pasti tidak akan berkenan menerima ibadah yang saya kerjakan dengan menelantarkan anak saya. Sampai tadi malam selepas menunaikan salat isya, anak saya kembali menangis. Bahkan kali ini tangisannya begitu keras melolong-lolong, seakan ada sesuatu yang menakutkan dalam penglihatannya.

Dengan hati sedih, saya lalu mengambil anak itu dari tilam tipis yang kami punya. Saya pangku ia, saya coba menenangkannya dengan syair puji-pujian yang dulu sering dinyanyikan almarhumah ibu saya ketika saya masih kanak-kanak.

Saya terus bernyanyi. Saya terus bernyanyi dengan syair puji-pujian itu sambil mengusapi kepala anak saya. Perlahan-lahan, tangisan itu mereda, mata itu mulai redup, dan nafas yang mulanya tersengal itu, mulai tenang kembali.

Anak saya tertidur, anak saya tertidur di atas paha saya. Dan bersamaan dengan itu pula rasa rindu saya semakin tak tertahankan. Laksana gunung, ia terus-menerus menghimpit perasaan saya. Saya ingin pergi mengejawantahkan rindu saya, saya ingin secepatnya menghadap Tuhan, saya ingin berkhidmat di rumah suciNya. Tapi bagaimana dengan anak saya yang sedang tidur?

Dalam kebingungan itu, saya teringat pedang almarhum suami saya yang tergantung di dinding tempat saya bersandar duduk. Jaraknya hanya sejengkal dari kepala saya. Tanpa pikir panjang, lalu saya ambil pedang itu dan saya potong paha yang jadi bantal tidur anak saya! Wahai Abdul Qadir, kamu tahu apa yang saya rasakan ketika pedang itu mulai memotong paha saya?

Sedikitpun saya tidak merasakan sakit! Yang ada hanya perasaan lega karena dengan demikian saya bisa pergi menunaikan kewajiban saya kepada Tuhan dengan tetap bertanggung jawab atas kewajiban saya sebagai seorang ibu kepada anaknya.”

Mendengar pengakuan ini, diceritakan, ruh Syeikh Abdul Qadir Jailani naik ke Lauhul Mahfudh - suatu tempat di langit ketujuh di mana nama-nama dan peristiwa tercatat. Akan tetapi sesampainya di sana, Abdul Qadir tidak menemukan nama perempuan itu.

Ini sangat aneh bagi Abdul Qadir. Sebab menurut kebiasaannya, setiap orang yang dipilih Tuhan menjadi walinya di muka bumi, nama mereka pasti tercatat di Lauhul Mahfudh!

Belum lagi selesai rasa heran atas kenyataan ganjil yang ditemuinya, ketika ruh itu kembali ke jasadnya, sebelum Abdul Qadir menanyakannya, perempuan itu, ibu yang teramat penyayang itu, sudah mendahului Abdul Qadir dengan perkataan.

“Wahai Abdul Qadir, engkau tidak perlu bersusahpayah mencari tahu namaku ke Lauhul Mahfudh. Namaku Sultanah. Dan Tuhan telah menuliskan namaku bersanding dengan para nabiNya di Ummul Kitab, tempat yang lebih tinggi dari Lauhul Mahfudh.”

Setelah mengatakan ini, ibu itu pun pamit, kembali pulang ke rumahnya. Pulang kepada anak tercinta yang tidur lelap di atas potongan pahanya. Tak lama kemudian meneteslah airmata Abdul Qadir, tak kuasa menahan perasaan hatinya yang bahagia karena telah dipertemukan dengan perempuan mulia seperti Sultanah. (Fahmi Faqih, Penyair, Peziarah, kontributor Mediabersama)

Logo Media Bersama

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya