Nawaz Sharif Abaikan Perintah Penahanan

VIVAnews - Mantan Perdana Menteri Pakistan, Nawaz Sharif mengabaikan hukuman tahanan rumah yang diberlakukan mulai hari ini, Minggu, 15 Maret 2009. Sharif bergabung dalam demonstrasi anti pemerintah yang rusuh dan diwarnai saling lempar batu antara demonstran dan polisi.

Diiringi para pengikutnya, Sharif meninggalkan rumah dengan menggunakan mobil. Teriakan para pendukung dan kibaran bendera mengiringinya. "Ini momentum yang menentukan. Pada generasi muda Pakistan, ini bukan saatnya mereka tinggal dalam rumah. Pakistan memanggilmu untuk datang dan menyelamatkan saya," kata Sharif sebelum nekat keluar dari rumahnya.

Salah satu petugas pemerintahan, Rao Iftikhar mengatakan keluarnya Syarif dari tahanan rumah atas ijin pihak berwenang. Asal, pemimpin oposisi Pakistan itu kembali ke rumah setelah melakukan aksi.

Untuk menghalagi aksi, polisi memarkir truk di jalanan utama Islamabad, polisi juga menempati titik-titik keamanan di stasiun kereta api dan gedung-gedung pemerintahan. Para demonstran terlibat aksi dorong mendorong dengan polisi saat barikade polisi menghalangi langkah mereka ke gedung pengadilan.

Beberapa demonstran melempari polisi dengan batu hingga mengenai kepala salah satu petugas keamanan. Sementara, polisi membalas aksi para demonstran dengan gas air mata.

Sebelumnya, polisi menjaga ketat kediaman Sharif beberapa jam sebelum PM berusia 60 tahun itu memberikan pidato tentang aksi protes itu.

Konflik antara pemerintahan Presiden Asif Ali Zardari dengan Nawaz Sharif meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Hubungan mereka semakin menegang dalam beberapa pekan terakhir dengan keluarnya keputusan Mahkamah Agung untuk mencekal Sharif dan saudaranya, Shahbaz, dari pemilihan umum dan mencegah mereka memegang kekuasaan.

"Orang-orang menentang segala bentuk pelarangan oleh pemerintahan fasis ini. Biarkan mereka menahan Nawaz Sharif, karena setiap warga Pakistan sekarang telah menjadi Nawaz Sharif today," lanjut Shahbaz di kota Rawalpindi, di luar kota Islamabad. (AP)

Kembali Beroperasi, Pabrik Roti di Gaza Diserbu Ratusan Warga Palestina hingga Antre Berjam-jam
Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Usai Hancurkan Australia di Piala Asia U-23

Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Australia dengan skor 1-0 dalam Piala Asia U-23 Grup A di Stadion Abdullah Bin Nasser pada Kamis malam kemarin, 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024