Preview Shandong Luneng Vs Sriwijaya FC

Tim Tamu Datang dengan Luka Lama

VIVAnews – Sriwijaya FC (SFC) menjalani pertandingan kedua di penyisihan grup F Liga Champions Asia (LCA) dengan luka lama. Menghadapi Shandong Luneng, di Stadion Shandong Sports, China, Selasa, 17 Maret 2009, Laskar Wong Kito masih dihantui oleh krisis penjaga gawang.

SFC bertandang ke China dengan 18 pemain. Mereka telah tiba sejak dua hari lalu. Menurut Pelatih SFC Rahmad Darmawan, kondisi seluruh pemain cukup terjaga karena mereka masih memiliki waktu istirahat yang cukup sebelum bertanding.

Suhu di Shandong juga tak jadi kendala. Meski suhu hanya berkisar antara 8-17 derajat celcius, Rahmad yakin timnya masih mampu untuk beradaptasi. Satu-satunya yang membuat Rahmad resah adalah kiper yang masih belum menunjukkan tanda-tanda membaik sejak tampil di pertandingan pertama kontra Seoul FC.

Saat ini, SFC masih bermasalah dengan kiper. Meski sudah merekrut satu kiper baru, Fauzi Toldo, Rahmad belum bisa menurunkannya. Kiper yang dipinjam dari Pelita Jaya itu terganjal masalah perizinan dari AFC (konfederasi sepakbola Asia). ”AFC belum mengeluarkan izin bertanding bagi Toldo. Karena itu, dia tidak bisa main lawan Shandong,” kata Rahmad saat dihubungi VIVAnews, Senin, 16 Maret 2009.

Kondisi ini tentu sangat memusingkan Rahmad. Pasalnya, mantan pelatih Persikota, Persipura, dan Persija Jakarta itu hanya punya satu kiper, yakni Dede Sulaiman. Kondisi Dede juga tidak seratus persen. Kiper yang masuk nominasi pelatnas SEA Games Laos 2009 itu masih berkutat dengan cedera.

”Masalah kami masih sama, yakni penjaga gawang. Kami tidak punya kiper cadangan. Harapan kami satu-satunya hanyalah kepada Dede,” kata Rahmad.

Kondisi ini jelas sangat mengganggu. Pasalnya, dampaknya telah terasa saat SFC melakoni pertandingan pertama di Stadion Jakabaring, Palembang, pekan lalu. Saat itu, SFC terpaksa memainkan Afrianto untuk menggantikan tempat kiper utama Ferry Rotinsulu dan kiper kedua Dede yang mengalami cedera.

Namun nasib sial bagi SFC, Afrianto hanya mampu bermain 5 menit. Dia terpaksa ditandu ke luar lapangan karena menderita patah kaki usia berduel di udara. Sebagai gantinya, Rahmad terpaksa menurunkan Dede yang masih belum seratus persen pulih.

Hasilnya sudah bisa ditebak. SFC kalah 2-4 dari tim tamu. Kekalahan itu tentu saja tidak lepas dari penampilan jelek Dede. Akibat cedera yang dialami, Dede tidak mampu menunjukkan kegesitannya dalam menaklukkan si kulit bundar.

Menghadapi Shandong Luneng, SFC kembali mempercayakan gawangnya ke tangan Dede dengan kondisi yang tak jauh beda. Dede masih dalam keadaan cedera engkel. ”Kami terpaksa menurunkannya. Kalau memang tidak sanggup kami sudah siapkan cadangan dari pemain,” beber Rahmad.

Sebelum berangkat, ada dua pemain yang disiapkan menjadi penjaga gawang. Pertama adalah Mauli Lessy dan Ngon A Djam. Namun Ngon A Djam sepertinya akan menjadi andalan Rahmad untuk lini depan.

”Saat berhadapan dengan Seoul FC, A Djam mampu mencetak dua gol. Dan pada pertandingan ini, kami berharap dia bisa mencetak gol lagi,” kata Rahmad seperti dikutip situs resmi AFC.

Tiga Pemain Kunci Shandong Bisa Tampil
Terpisah, Bos Shandong Luneng, Ljubisa Tumbakovic mengatakan, timnya telah melupakan kekalahan 0-3 atas Gamba Osaka pada pertandingan pertamanya. Defisit poin itu akan mereka kejar pada pertandingan ini.

“Kami harus melihat ke depan. Satu kekalahan tak akan membuat harapan kami sirna. Kami telah membuat setiap menit persiapan menjadi sangat penting. Kami akan mengejar ketertinggalan, dan kami tidak akan menyerah,” kata Tumbakovic.

Menghadapi SFC, pelatih asal Serbia itu setidaknya bisa bernafas lega. Pasalnya, tiga pemain kuncinya, Han Peng, Wang Yongpo, dan Wang Xiaolong sudah fit kembali. Kehadiran ketiganya setidaknya bisa menutupi hengkangnya Zhou Haibin yang baru saja bergabung dengan PSV Eindhoven.

Sayang, Tumbakovic tidak bisa menurunkan pemain barunya Roda Antar. Pemain asal Lebanon yang lama merumput di Liga Jerman (Bundesliga) itu harus absen karena kuota bagi pemain asing sudah terpenuhi. Tiga pemain impor Shandong yang akan tampil adalah Cichero Alejandro, Zivkovic, dan Mrdakovic Miljan.

”Mental pemain kami telah disiapkan untuk menghadapi pertandingan-pertandingan sulit. Kami tidak punya pilihan selain merebut kemenangan di pertandingan di LCA,” tandas Tumbakovic.

Prediksi Line Up
Shandong Luneng (4-4-2)

Li Leilei (g), Cichero Alejandro, Shu Chang, Yuan Weiwei, Wang Xiaolong, Zivkovic, Wang Yongpo, Liu Jindong, Wu Hao, Han Peng, Mrdakovic Miljan
Pelatih : Ljubisa Tumbakovic

Ramalan Zodiak Kamis 18 April 2024: Taurus Alami Krisis Keuangan, Virgo Harus Menjauhi Orang Negatif

Sriwijaya FC (4-4-2)
Dede Sulaiman (g), Christian Warobai, Ambrizal, Charis Yulianto, Isnan Ali, Tony Sucipto, Zah Rahan, Wijay, Budi Sudarsono, Ngon A Djam, Keith Kayamba Gumbs
Pelatih : Rahmad Darmawan

Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Ternyata SYL Pakai Uang Peras Pejabat Kementan untuk Renovasi Rumah dan Perawatan Keluarga

Mantan ajudan Syahrul Yasin Limpo alias SYL, Panji Hartanto mengungkapkan bahwa bosnya menggunakan uang hasil palak pejabat di Kementerian Pertanian RI untuk merenovasi r

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024