Mahasiswa RI Tewas di Singapura

Keluarga David Berencana Lapor ke Mabes Polri

VIVAnews - Kasus tewasnya mahasiswa Universitas Teknologi Nanyang, Singapura, David Hartanto Widjaja saat ini ditangani kepolisian Singapura. Belum jelas bagaimana perkembangan penyidikan kasus tersebut.

Menurut kakak David, William Widjaja, keluarga akan menempuh segala cara agar kasus kematian David diungkap secara adil tanpa ada yang sengaja ditutup-tutupi. Termasuk, "Kemungkinan kami akan melapor ke polisi secepatnya," kata William kepada VIVAnews, Selasa 24 Maret 2009.

Menurut William, langkah keluarga melaporkan kasus David ke polisi Indonesia adalah saran dari beberapa anggota Komisi Pertahanan Dewan Perwakilan Rakyat. "Kami ingin polisi ikut memantau. Pokoknya yang kami inginkan pemerintah bisa ikut campur. Takutnya pemerintah dan kepolisian Singapura tidak adil, apalagi sejak awal ada kejanggalan," tambah dia.

William lalu membantah dalil Kedutaan Besar RI di Singapura yang mengatakan pemerintah Indonesia tak berhak ikut campur dalam penyelidikan di Singapura, meski yang tewas adalah warga negara Indonesia. "Siapa bilang tidak berhak, dalam Konvensi Jenewa diatur pemerintah berhak turut serta. Bukan hanya soal David, masalah ini menyangkut harga diri bangsa ," tambah dia.

Sementara itu dari markas besar kepolisian beredar kabar bahwa hari ini keluarga David akan menyampaikan laporan. Namun, menurut William, "saya tidak tahu soal itu karena belum kami rencanakan."

David yang mahasiswa tingkat akhir Universitas Nanyang Singapura ditemukan tewas terjatuh dari loteng. Menurut sejumlah media Singapura, David bunuh diri usai menusuk dosen pembimbingnya Senin 2 Maret 2009. Usai tragedi penusukan, korban yang dosen di Universitas Nanyang, Singapura,  Chan Kap Luk (45) dilarikan di Rumah Sakit Universitas Nasional Singapura. Beda nasib, sang profesor saat ini masih hidup dan  kondisinya membaik.

Tak ada yang tahu apa yang menyebabkan David terjatuh dari loteng fakultas, sama halnya tak ada yang bisa menebak apa yang sesungguhnya terjadi di ruang sang profesor ketika insiden penusukan terjadi. Polisi Singapura masih menyelidiki kasus ini. Penyelidikan polisi butuh waktu sekitar enam bulan.

Prediksi Serie A: AC Milan vs Inter Milan
Malaysia vs Vietnam

Piala Asia U-23: Vietnam ke 8 Besar, Malaysia Gugur

Pertandingan Grup D Piala Asia U-23 menyajikan duel antara Malaysia U-23 vs Vietnam U-23 pada Sabtu malam WIB 20 April 2024. Duel itu berlangsung Qatar, semalam.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024