Isu Pemekaran Wilayah Memanas

VIVAnews -  Wacana pemekaran wilayah Cirebon kembali mengemukan. Hal itu setelah Wakil Gubernur Jawa-Barat, Dede Yusuf, mengatakan setidaknya terdapat 10 kabupaten di Jawa Barat yang perlu dimekarkan, salah satunya Kabupaten Subang.

Menanggapi hal itu Wakil Bupati Subang, Ojang Sohandi, mengatakan perlu alasan yang kuat untuk memekarkan wilayah. “Kalau tuntutan masyarakat seperti itu, ya, silahkan saja. Namun tetap harus melalui mekanisme dan aturan main yang telah ditetapkan Undang-undang,” kata Ojang.

Lebih lanjut, Ojang mengatakan setuju pemekaran jika itu akan bernilai positif bagi masyarakat. “Tapi kalau malah menimbulkan kesusahan bagi rakyat, ya alangkah baiknya, tetap pada satu kabupaten, yakni kabupaten Subang. tujuan dari pemakaran, khan untuk keksejahteraan rakyat. Kalau (kesejahteraan) tidak terwujud, berarti, syaratnya kan tidak terpenuhi?” kata dia.

Selain itu, lanjut Ojang, terkait pemekaran suatu daerah, perlu adanya kajian yang melibatkan beberapa ahli. “Kepastian baik-tidaknya suatu daerah melakukan pemekaran, iyu haruis melibatkan berbagai tokoh dah ahli yang competent dalam beberapa bidang.”

Laporan: Inin Nastain | Subang

Universitas Oxford hingga Cambridge Bergabung dalam Aksi Pro-Palestina
Bimtek Tenaga Pendukung PPIH Arab Saudi

KUH Jeddah Gelar Bimtek 644 Tenaga Pendukung PPIH Arab Saudi Layani Jemaah Haji

Kantor Urusan Haji (KUH) pada Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah adakan Bimbingan Teknis bagi 644 tenaga pendukung Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024