Musibah Situ Gintung

Erman: Harus Ada Audit Manajemen Situ

VIVAnews - Musibah jebolnya tanggul Situ Gintung memaksa semua pihak meninjau kembali kelayakan kondisi situ di seluruh Indonesia. 

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno yang sebelum menjabat sempat menjadi Ketua Panitia Kerja RUU Sumber Daya Air dan Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat RI mengatakan, perlu segera diperlakukan audit manajemen kondisi situ yang ada di seluruh Indonesia.

"Ini merupakan pelajaran untuk semua, tidak hanya masyarakat tapi juga pemerintah melalui DPU dan pemerintah daerah setempat," kata dia usai menyerahkan bantuan 5 ton beras kepada warga setempat, Situ Gintung, Ciputat, Tangerang, Kamis 2 April 2009.

Situ Gintung menurutnya, membutuhkan peninjauan kembali karena situ tersebut peninggalan zaman Belanda. "Sekilas saya lihat dari patahannya, Situ Gintung seiring berjalannya waktu tidak kuat menampung air dan akhirnya jebol. Kalau konteksnya waktu Belanda dulu masih bisa tapi sekarang sudah tidak kuat lagi," katanya.

Karena itu, dia menambahkan, sudah saatnya situ-situ seluruh Indonesia terutama di Jawa untuk diaudit konstruksinya. Selain itu, konservasi kurang terpelihara. "Air punya daya guna sekaligus daya rusak," ujarnya. Erman meminta undang-undang sumber daya air segera dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI
Dude Harlino dan Alyssa Soebandono

Haru, Alyssa Soebandono dan Dude Harlino Menangis Saat Pertama Dengar Suara Anak Perempuannya

Dalam kesempatan itu, Dude Harlino juga bercerita bahwa dirinya ikut masuk ke ruang operasi pada saat proses caesar Alyssa Soebandono dilakukan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024