Pemilu di Bali

Warga Bali Antre Sebelum TPS Buka

VIVAnews - Dugaan tingginya angka golongan putih alias golput dalam pemilihan legislatif 2009 di Bali tak terbukti pagi ini. Warga Bali, dengan pakaian adat sederhana, tampak antusias mendatangi tempat-tempat pemungutan suara (TPS), mereka bahkan antre sebelum TPS dibuka.

"TPS sudah ramai sejak kurang dari jam 7.00 [sekitar pukul 06.00 WIB]," kata salah seorang petugas TPS No 24 Banjang Buana, Desa Padang Sambiyan, Denpasar Bali, Kamis 9 April 2009. Kurang dari satu jam dibuka, nomor peserta kampanye sudah sampai urutan 56.

Sebelumnya, angka golput di Bali diperkirakan tinggi. Sebab, pemilu bertepatan dengan upacara Panca Wali Krama yang merupakan upacara keagamaan umat Hindu setiap 10 tahun sekali di Pura Besakih, Karangasem.

Namun, seorang warga, Anna Roslin Pekata tak berpendapat demikian. "Nggak mengganggu, habis ini [pemilu] saya sembahyang," kata Anna yang memperoleh urutan 37 di TPS No 24. Anna juga mengaku sengaja datang awal di tempat pemungutan suara.

Sebanyak 4.924 orang calon anggota legislatif dari 36 partai politik akan bertarung memperebutkan suara masyarakat di seluruh kabupaten dan kota di Bali . Selain itu, sebanyak 30 calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) juga ikut berebut suara dari sekitar 2.631.754 pemilih di Bali.

Laporan: Wima Saraswati| Bali

Ria Ricis Ngonten Pakai Siger Sunda, Netizen: Kode Pengen Jadi Manten Lagi
Mantan Ketua KPK, Antasari Azhar

Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi

Mantan Ketua KPK, Antasari Azhar mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024 terpilih.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024