10 April 1998

"Jumat Agung" Damaikan Irlandia Utara


VIVAnews - Rangkaian perundingan damai Irlandia Utara berakhir dengan kesepakatan bersejarah, 10 April 1998. Perjanjian bernama "Kesepakatan Jumat Agung" dicapai setelah perundingan maraton selama hampir dua tahun untuk menyelesaikan konflik di Irlandia Utara, yang telah berlangsung selama 30 tahun.

Laman stasiun televisi BBC mengungkapkan bahwa hari terakhir perundingan berlangsung lebih dari 17 jam setelah tenggat waktu adanya perjanjian telah lewat.

Persetujuan itu merupakan pencapaian besar bagi Perdana Menteri Inggris saat itu, Tony Blair, dan pemimpin Republik Irlandia, Bertie Ahern. Tak seperti para pendahulu mereka, kedua pemimpin itu berhasil mengadakan perundingan untuk mendamaikan kelompok-kelompok yang bertikai di Irlandia Utara.

Kesepakatan itu juga mendapat sambutan baik dari dua kelompok milisi di Irlandia Utara, UDP dan PUP.

Namun, pemimpin kelompok Sinn Fein, Gerry Adams, menilai masih ada kecurigaan yang besar antara kelompok nasionalis dengan kelompok pro-persatuan dengan Inggris (Unionist).

Sedangkan pemimpin Ulster Unionist, David Trimble, optimistis bahwa perjanjian itu bisa menjadi awal pemulihan bagi perdamaian di Irlandia Utara.
 




YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”
Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI kembali mendapat pertanyaan mengenai masa depan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Sampai sekarang belum ada kejelasan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024