Platform Mobile

Moorestown, Hemat Energi, Dukung 3G

VIVAnews - Intel mengungkapkan detail seputar platform chip Moorestown mereka yang akan datang. Adapun informasi tersebut dipaparkan pada Intel Developer Forum 2009, yang berlangsung di Beijing, minggu lalu. Kabarnya, kedua teknologi baru itu akan hadir di 2010.

Peluncuran platform Moorestown itu akan dibarengi dengan Moblin, sistem operasi buatan Intel yang menggunakan basis Linux. Moblin sendiri ditujukan untuk perangkat portabel.

Moorestown merupakan platform hemat energi yang ditujukan pada komputer ringkas yang dapat masuk ke dalam saku, atau yang sering disebut sebagai Mobile Internet Devices (MID). Keluarga chip tersebut akan menggunakan basis system on chip (SoC) Lincroft, yang sudah dibundel dengan mikroprosesor Atom dan memory controller hub. Adapun chipset yang hadir di sana memiliki kode nama Langwell.

Salah satu prototipe perangkat yang menggunakan platform Moorestown sudah diperlihatkan oleh Anand Chandrasekher, Senior Vice President and General Manager of the Ultra Mobility Group, Intel. Perangkat itu mengonsumsi daya 10 kali lebih kecil dibandingkan dengan perangkat serupa yang menggunakan prosesor Atom yang sudah beredar.

Disebutkan pula bahwa Moorestown akan menjadi platform pertama di mana Intel memasukkan kemampuan 3G seluler, sehingga pengguna bisa melakukan panggilan telepon di perangkat yang menggunakan chipset tersebut. Dukungan WiMAX dan HSPA (High Speed Packet Access) dari operator seluler juga akan tersedia secara optional.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya
Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024