Lindungi Pasar, Pemerintah Buat Satuan Tugas

VIVAnews - Dalam upaya mencegah impor ilegal, Departemen Perdagangan bersama instansi teknis lain, Kamar Dagang dan Industri (Kadin), dan asosiasi pengusaha membentuk task force atau satuan tugas pengamanan pasar dalam negeri. Satuan tugas ini dipastikan pekan depan akan disahkan menjadi SK Menteri Perekonomian.

"Rabu 29 Oktober, tim kecil akan menyusun standar operasional (SOP)," kata Direktur Pengawasan Barang Beredar dan Jasa, Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Departemen Perdagangan, Syahrul R Sampurnajaya, di Jakarta, Kamis 23 Oktober 2008.

Satuan tugas itu, akan dibentuk di tingkat pusat maupun daerah dengan berkoordinasi melalui Bareskrim, Badan Pengawasan Obat dan Makanan, Departemen Pertanian, dan Direktorat Jenderal Bea Cukai.

Satuan tugas akan diketuai langsung oleh Menteri Perdagangan. Nantinya, pengawasan akan difokuskan pada produk makanan dan minuman, elektronik, tekstil, dan otomotif. "Empat sektor tersebut merupakan industri yang menyerap banyak tenaga kerja dan terkait dengan industri kecil dan menengah," kata Syahrul.

Sementara itu, Wakil Ketua Kadin Indonesia Bidang Perdagangan Ketut Suwardhana menyambut baik upaya pemerintah ini. "Kami dukung sepenuhnya, mengingat kondisi krisis seperti ini perlu untuk mengamankan produk dalam negeri," katanya di tempat yang sama. 

Selain itu, Ketut menambahkan, upaya pengawasan selanjutnya harus dilakukan dengan cerdik dan berkeadilan. Menurutnya, tidak bisa sembarangan menghentikan produk impor. "Hanya produk yang melanggar peraturan serta menganggu produsen dalam negeri dan UKM yang boleh dihentikan," tambahnya.

Perbedaan task force dengan upaya pengawasan sebelumnya, salah satunya, pada konsep label. Dalam waktu dekat akan dibentuk SK Menteri Perdagangan tentang pemberian label pada barang impor. "Nantinya, semua barang impor diwajibkan menggunakan label bahasa Indonesia dalam kemasannya," kata Ketut. 

Jadwal Lengkap Sprint Race dan Balapan MotoGP Amerika 2024, Akhir Pekan Ini
Wamenaker RI silaturahmi dengan Prabowo Subianto  Menhan yang juga Presiden terpilih 2024-2029 bertemu dalam acara Open House Presiden Jokowi

Wamenaker Afriansyah Noor Bertemu Prabowo saat Hadiri Open House di Istana Negara

Wamenaker Afriansyah Noor dan Menhan Prabowo Subianto juga tampak bersilaturahmi. Melalui Instagram pribadinya, Afriansyah Noor membagikan momen tersebut.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024