Lagi, Dua Saham Bergerak di Luar Kebiasaan

VIVAnews - Setelah menetapkan sembilan saham bergerak di luar kebiasaan (unusual market activity/UMA) sejak awal April, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali memasukkan dua saham dalam kategori UMA.

Berdasarkan penjelasan BEI hari ini, dua saham yang mengalami peningkatan harga dan aktivitas transaksi dibanding periode sebelumnya adalah PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) dan PT Darma Henwa Tbk (DEWA).

"Bursa telah meminta konfirmasi kepada perusahaan tercatat itu masing-masing pada 14 dan 16 April," kata Direktur BEI, Eddy Sugito, dalam penjelasan tertulis bursa di Jakarta, Jumat 17 April 2009.

Selama periode 7-15 April 2009, harga saham Darma Henwa menguat Rp 26 (44,8 persen) dari level Rp 58 menjadi Rp 84 per unit. Sementara itu, harga saham Jababeka naik Rp 10 (19,6 persen) dari Rp 51 menjadi Rp 61 selama periode 8-14 April 2009.

Eddy menjelaskan, seiring adanya peningkatan aktivitas transaksi yang tidak wajar itu, otoritas bursa sedang mencermati perkembangan harga dan aktivitas dua saham itu.

Untuk itu, BEI meminta investor memperhatikan jawaban perusahaan atas permintaan konfirmasi bursa. Selain itu, otoritas bursa mengimbau investor untuk mencermati kinerja perseroan dan keterbukaan informasinya.

Bursa juga meminta investor untuk mengkaji kembali rencana aksi korporasi empat perusahaan, bila belum mendapat persetujuan rapat umum pemegang saham (RUPS). Otoritas juga berharap agar investor mempertimbangkan berbagai kemungkinan sebelum mengambil keputusan investasi.

Meski bergerak di luar kebiasaan, saham-saham yang masuk kategori unusual market activity tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran di bidang pasar modal.

Selama April, otoritas bursa telah mencatat sembilan saham yang masuk ketegori bergerak di luar kewajaran itu. Saham-saham itu adalah PT Modern Internasional Tbk (MDRN), PT Arpeni Pratama Ocean Line Tbk (APOL), PT Ancora Indonesia Resources Tbk (OKAS), PT Ciputra Property Tbk (CTRP), dan PT Bayan Resources Tbk (BYAN).

Sementara itu, empat saham lainnya adalah PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG), PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL), PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), dan PT Elnusa Tbk (ELSA).

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan
Ilustrasi menabung.

Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

Sebagai generasi penerus bangsa dengan akses yang luas terhadap produk dan layanan keuangan, anak muda seharusnya bisa lebih bijak merencanakan serta mengelola keuangan. 

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024