Respons Pemilu, Asing Borong Saham & Obligasi


VIVAnews - Hasil pemilu legislatif 2009 yang dimenangkan oleh Partai Demokrat cukup disukai oleh pelaku pasar. Sebagai respons, investor asing memborong saham dan obligasi negara.

Menurut Kepala Ekonom Mandiri Sekuritas, Destry Damayanti kemenangan Partai Demokrat yang mencapai 20,6 persen suara direspons cepat oleh pelaku pasar. Mereka melakukan aksi beli terhadap saham, rupiah dan obligasi negara.

PAN ke PPP: Akui Dulu Prabowo-Gibran Menang Pilpres Jika Mau Gabung Koalisi

Akibatnya, kurs rupiah dan indeks harga saham menguat. Rupiah menguat 10 persen sejak akhir Februari 2009. Pasar saham langsung mengalami penguatan sekitar 10 persen sejak Februari 2009.

Investor asing juga memborong saham dan obligasi pemerintah. Pada April ini, pembelian saham oleh asing mengalami pembelian bersih senilai Rp 1,3 triliun. Begitupun dengan obligasi pemerintah juga mengalami pembelian oleh asing sebesar Rp 2 triliun.

Dalam keadaan krisis, dia mengingatkan pelaku pasar mengharapkan kebijakan yang sama dan konsisten. "Sinyal bahwa tidak akan ada perubahan kebijakan secara signifikan sangat penting dalam situasi krisis," katanya.

Yang juga penting, momentum pemilu juga bertepatan dengan persepsi risiko emerging market yang berkurang. Pada saat bersamaan sinyal dari dunia menunjukkan bahwa persepsi risiko investor asing juga menurun sehingga aliran modal masuk kembali.

Trail of The Kings Danau Toba 2024.(dok BPODT)

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

event lari trail berstandar internasional, dengan bertajuk 'Trail of The Kings (TOTK) Zero Edition', yang berlangsung di Water Front City, Pangururan, Kabupaten Samosir,

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024