Kapal DKI Senilai Rp 8 Miliar Mangkrak

VIVAnews - Delapan kapal penyeberangan Jakarta - Kepulauan Seribu milik Dinas Pehubungan DKI Jakarta mangkrak. Padahal Rp 8 miliar sudah digelontorkan dalam proyek ini.

Kapal yang sedianya melayani transportasi warga Jakarta dan Kepulauan Seribu itu diparkir di Pantai Marina, Ancol, Jakarta Utara sejak Desember 2007 hingga kini, Rabu 29 Oktober 2008.

Situs resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyebut, belum beroperasinya kapal-kapal motor itu lantaran kapal dalam proses perbaikan. Lagipula, kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta M Tauchid, meski delapan kapal tidak beroperasi, masih ada 32 kapal yang melayani penyeberangan Jakarta-Kepulauan Seribu.

Tauchid berjanji akan segera membahas pengoperasian kembali delapan kapal itu dengan pejabat Kepulauan Seribu. Awal tahun 2009, ditargetkan delapan kapal sudah dapat beroperasi.

Delapan kapal itu terdiri dari dua kapal lumba-lumba dan enam kapal kerapu. Kapal kerapu memiliki daya angkut masing-masing 30 penumpang. Sedangkan, kapal lumba-lumba memiliki daya angkut 50 penumpang.

Ketua Komisi B DPRD DKI yang membidangi masalah transportasi, Aliman Aat, mempertanyakan alasan tak beroperasinya kapal-kapal itu. Jika alasannya adalah perbaikan kapal, kata Aliman, tidak masuk akal karena kapal itu mangkrak hampir setahun. "Lagipula kondisinya masih bagus," ujarnya.

Sementara itu, seorang pejabat Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang enggan disebut namanya mengatakan mangkraknya delapan kapal itu lantaran terhambat proses lelang.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun
Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024