CNW Marketing Research

Obama Menang, Pedagang Mobil Rugi

VIVAnews – Barack Obama akhirnya sukses menjadi presiden kulit hitam pertama Amerika Serikat. Namun, menurut Art Spinella dari CNW Marketing Research, Inc., kemenangan kandidat Partai Demokrat itu tidak menjadi kabar baik bagi para pedagang mobil di Negeri Paman Sam. Kemenangan Obama akan menjadi momen kehancuran para pedagang mobil di negara itu. Kampaye Obama untuk menerapkan pajak tinggi terhadap orang-orang berpenghasilan tinggi dijadikan alasan Spinella.

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Kepada Auto Remarketing, sebagaimana dirilis Autopia 3 November 2008, Spinella memaparkan, ketika Obama menang, jumlah penjualan kendaraan bekas akan menurun sekitar 750.000 unit lebih sedikit jika dibandingkan McCain yang menang. Sebaliknya, penjualan kendaraan baru akan meningkat hingga 800.000 unit lebih tinggi pada tahun pertama pemerintahannya, ketimbang masa pemerintahan McCain.

Sekitar 20 persen mobil bekas akan terjual pada keluarga dengan rata-rata pendapatan sekitar $200.000 per tahun. Mobil-mobil itu akan digunakan semua anggota keluarga untuk menjalankan bisnis rumahan,” ujar Spinella. ”Saya tidak tahu akan seberapa banyak kendaraan bekas yang akan lari ke keluarga berpendapatan di atas $250.000 per tahun, jika Obama benar-benar menerapkan kebijakannya itu.”

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Pengenaan pajak tinggi kepada keluarga golongan kedua, kata Spinella, tetap tidak akan setara dengan rendahnya pajak ataupun potongan yang diberikan kepada keluarga berpenghasilan rendah yang biasanya senang menggelar pesta pribadi.

”Sesungguhnya tak ada satu pun skenario pajak yang mampu secara signifikan menggantikan penghasilan yang hilang sia-sia dari keluarga-keluarga itu," tambah Spinella.

IPI Sebut Pemulung Ujung Tombak Pengumpulan Sampah tapi Banyak yang Tidak Mengapresiasi

Spinella menggambarkan, di dunianya, seorang ayah tidak akan pernah membeli sebuah Range Rover sebagai hadiah ulang tahun bagi anaknya yang masih berusia 16 tahun. Karena itu hanya akan meningkatkan jumlah pajak yang akan dibayarkannya. ”Tetapi dia akan memilih Tempo rakitan 1987 ataupun Taurus keluaran 1999 yang dibelinya dari seorang wanita tua di pinggiran kota sebagai kado.”

Menurut Spinella, memberikan suntikan dana segar kepada industri otomotif akan jauh lebih tepat untuk dilakukan saat ini. Bantuan itu sendiri bisa ditarik dari dana-dana yang tersangkut di lembaga-lembaga finansial pemberi dana talangan otomotif.

Kendati pun, lanjut Spinella, terlepas siapapun yang menang dalam pemilihan itu, pembebasan kredit pembelian mobil tetap akan mendongkrak penjualan mobil bekas lebih tinggi ketimbang mobil baru. ”Kami menyukai itu, sepanjang persyaratan kredit yang sangat mudah tidak hanya akan memperkaya sejumlah orang saja,” ujarnya.

Di sisi lain, Spinella melihat, fokus yang tinggi terhadap biaya perawatan kesehatan juga akan memberikan dampak yang akan merugikan para pelaku otomotif di Amerika. ”Menurut pandangan kami, pada kenyatannya industri otomotif tetap akan terpuruk, terlepas siapa pun yang akan dilantik 21 Januari nanti,” katanya. ”Kami ingin tahu, langkah pertama apa yang dipikirkan presiden terpilih untuk menyelamatkan indusri otomotif ketika menjad presiden nanti.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya