Warga Dunia Rayakan Kemenangan Obama

VIVAnews - Kemenangan Barack Obama tak hanya dirayakan para pendukungnya di Amerika Serikat, tapi juga di seluruh dunia. Di taman kota, ruang keluarga di rumah-rumah, ballroom hotel dan desa-desa, warga dunia menyambut kemenangan Obama yang diusung Partai Demokrat. Obama yang menjadi presiden kulit berwarna pertama dalam sejarah Amerika, dinilai bisa menyeimbangkan posisi Amerika di mata dunia.

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Orang-orang berkumpul di depan TV atau mendengarkan radio untuk update terakhir. Di Sydney warga Australia memenuhi ballroom hotel. Di Rio de Janeiro, warga Brazil berpesta di pantai. Di kota bernama Obama di Jepang, warganya berdansa hingga malam larut dalam kebahagiaan ketika nama Obama disebutkan sebagai pemenang.

Orang-orang di seluruh dunia, kebanyakan mereka yang tinggal di negara dimana kemenangan kaum minoritas tak masuk hitungan, mengekspresikan kekaguman dan kepuasan bahwa AS bisa melalui isu rasial yang telah berabad-abad dengan memilih seorang Afrika-Amerika, dengan nama tengah Hussein, sebagai Presiden AS.

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU

“Adalah sebuah inspirasi. Obama sosok Presiden AS yang sangat global,” kata Pracha Kanjananont (29) yang sedang  duduk di Starbuck di Thailand. “ Obama tinggal di Asia pada masa kecilnya, orangtua yang berasal dari Afrika dan memiliki nama tengah dari Timur Tengah. Dia benar-benar presiden yang global,” katanya lagi

Dalam dunia yang saling terhubung seperti saat ini, yang jauh dalam jangkauan pun bisa memantau perkembangan pemilu AS dari menit ke menit. Banyak pengamat yang menilai mantra kampanye Obama juga bergaung ke seluruh pelosok dunia dan merasakan kata-kata Obama dimaknai sebagai titik balik yang penting.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

“Saya kira ini akan merubah dunia, “ kata Akihiko Mukohama (34) penyanyi band yang terbang ke kota Obama di Jepang untuk menyanyi, dan mengenakan kaus I Love Obama pada event promosi untuk pemilu presiden AS.

Besarnya perhatian dan emosi dari reaksi dunia menggambarkan internasional karakter dari kepresidenan AS. Banyak yang melihat Washington sebagai tempat dimana masalah-masalah global seperti perang, damai, kemakmuran dan krisis, diputuskan.

“Ini adalah hasil yang sangat dahsyat untuk kita semua, kata John Wood, mantan duta besar Selandia Baru untuk AS. “Kita berharap dan berdoa agar Presiden Obama bisa bergerak maju di jalan yang konstruktif dan membawa manfaat untuk kita semua,” katanya.

Dalam pesta di Rio de Janeiro dimana warga Brazil dan AS menyaksikan hasil penghitungan suara, musisi berusia 33 tahun Zanna menilai bahwa kemenangan Obama menunjukkan warga Amerika telah belajar dari pengalaman buruk dari pemerintahan Bush dan mereka memilih dengan baik, dengan memilih Obama.

Di Eropa dimana Obama sangat populer, adalah satu kawasan yang melihat pemerintahan Obama akan membangkitkan kembali kehangatan hubungan, setelah pemerintahan Bush membuat relasi kedua benua ini mendingin dan renggang akibat perang Irak.

“Saat ini ketika kita menghadapi tantangan bersama, terpilihnya anda meningkatkan harapan yang besar di Perancis, Eropa dan di seluruh dunia, “ kata Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dalam surat ucapan selamat kepada Obama.(AP)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya