Pedagang Diimbau Tarik 19 Produk China

VIVAnews - Dinas Perindustrian dan Perdagangan DKI Jakarta akan memberikan imbauan langsung kepada pedagang untuk menarik 19 produk asal China. Penyitaan belum akan dilakukan.

Hal tersebut dikatakan Kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan DKI Jakarta Nurachman kepada VIVAnews, 25 September 2008. "Kalau razia dan menyita itu setelah ada surat resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Suratnya aja belum ada sampai sekarang," ujarnya.

Selain memberikan imbauan kepada para pedagang di pasar-pasar tradisional dan modern di Jakarta, kata Nurachman, juga akan dilakukan pengambilan sample 19 produk yang diduga mengandung melamin. Sample itu akan diserahkan kepada BPOM untuk diteliti lebih lanjut.

Melamin adalah bahan kimia yang banyak mengandung nitrogen yang bisa merusak ginjal, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jakarta Selatan H Taufik mengatakan telah mendapat perintah untuk mengimbau para pedagang di wilayahnya. "Kita hanya imbau untuk menarik, tapi kita tidak akan melakukan penyitaan. Paling kita hanya ambil sample saja," ujar Taufik.

Kepala BPOM Husniah Rubianah sebelumnya menyebut 19 produk impor asal China yang harus ditarik dari pasaran. Produk-produk itu adalah Jinwi Yougoo (3 jenis), Meiji Indoeskrim Gold Monas (2 jenis), Oreo (3 jenis), Snickers, Dove choc, M&M's, Merry X-Mas, dan Penguin, serta Guozhen, Nestle Nesvita Materna, dan Nestle Milkmaid.

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga
Mobil Jeep Rubicon yang digunakan tersangka Mario Dandy menganiaya anak pengurus GP Ansor, David

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) mengumumkan lelang mobil Jeep Rubicon Wrangler milik Mario Dandy. Harga limitnya Rp809 juta, gimana spesifikasi mobilnya?

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024