Perbatasan Gibraltar Dibuka

VIVAnews - Pintu pembatas yang mengisolasi warga Gibraltar dari Spanyol dibuka untuk pejalan kaki setelah 13 tahun ditutup.Pemerintahan baru Spanyol yang sosialis membuka perbatasan dengan alasan kemanusiaan, tepat semenit setelah tengah malam pagi tanggal 15 Desember 1982.

Petugas polisi Spanyol tanpa seragam dan tak ada upcara resmi, telah membuka kunci pintu pembatas untuk kedua sisi.

Carmen Ward, 35 tahun, menikah dengan warga Inggris yang bekerja di Gibraltar, adalah orang pertama Gibraltar yang melewati pintu perbatasan dengan berjalan kaki. Dia mengatakan, langkahnya adalah langkah kemanusiaan yang harusnya sudah dilakukan bertahun silam.

Kerumunan warga yang menonton dengan gembira berkumpul untuk merayakan momentum bersejarah itu, dan bertambah meriah dengan penampilan musik live oleh para pelajar.

Meskipun telah dibuka, tapi perbatasan ini masih terlarang bagi warga Inggris dan turis asing untuk melintas. Hanya warga Spanyol dan penduduk Gibraltar yang dibolehkan lewat. Mobil dan barang-barang komersial dilarang melintas.

Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

Pemerintah Gibraltar sangat marah atas pelarangan itu, tapi berencana membalas dengan menutup pintu perbatasan pada malam hari, yang ditolak oleh pemerintah Inggris.

Pembukaan pintu perbatasan ini mengakhiri periode isolasi ,yang dimulai oleh Jenderal Franco tahun 1969, selama pengepungan Gibraltar. Sekitar 25.000 penduduk Gibraltar terpisah dari Spanyol sejak itu.

Denny Cagur

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?

Setelah resmi terpilih jadi anggota DPR RI, Denny Cagur mengungkap ke depannya ia akan memprioritaskan karier sebagai wakil rakyat dan mengurangi kegiatan entertainment.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024