Hama Burung Ancam Sawah di Subang

VIVAnews - Sedikitnya empat hektar sawah di desa Margahayu, kecamatan Pagaden Barat, Subang terancam gagal panen. Memasuki sekitar dua minggu menjelang masa panen, petani dipusingkan oleh hama burung yang menyerang sawah mereka.

Sulaiman (45), petani desa Margahayu, mengaku, dua minggu terakhir ini, dirinya bersama istri, mengabiskan waktunya untuk menjaga sawah miliknya. "Kalau enggak dijaga, padi yang beberapa minggu ke depan, bakal habis dijarah burung," ujarnya. "Praktis, kami tidak bisa ngelakuin pekerjaan lain," lanjutnya.

Dikatakan Sulaiman, dalam usahanya mengusir hama burung, sedikitnya harus mengeluarkan uang ratusan ribu rupiah. Uang itu digunakan untuk membeli peralatan pengusir burung. "Alat alat tersebut, kita ikat secara sambung menyambung, dengan satu pusat titik tarik," jelas Sulaiman.

Sementara itu, sampai saat ini, Sulaiman mengaku belum ada tindakan yang dilakukan pemerintah daerah untuk menangani kasus hama Burung tersebut. Dijelaskan Sulaiman, padi miliknya, diperkirakan akan panen dalam dua minggu ke depan. "Mudah-mudahan, panen yang tinggal sekitar dua minggu kedepan, tidak terlalu buruk," harap Sulaiman.


Laporan: Inin Nastain/Subang

Skutik Matik Kuasai Pasar Mokas, Begini Nasib Motor Sport 150cc
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Atta Halilintar Bocorkan Teka-teki Bayi Adopsi Raffi Ahmad, Berasal dari Palestina?

Nagita Slavina dan Raffi Ahmad telah resmi mengadopsi seorang bayi perempuan yang cantik dan menggemaskan. Bayi tersebut kemudian diberi nama Lily oleh keluarga Andara.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024