Pasar Komputer

2009, PC Bermerek Tumbuh Dua Digit

VIVAnews - Hewlett-Packard Indonesia memprediksi adanya tren peningkatan market size PC branded di pasar konsumer PC Indonesia. Tahun ini, pertumbuhannya diestimasi mencapai double-digit, mendekati 1,5 juta unit.

Hal itu dikatakan Martin Wibisono, Direktur Kategori, Personal Systems Group, HP Indonesia, usai peluncuran HP TouchSmart IQ500 Series PC, di Crowne Plaza, Jakarta, Selasa 3 Februari 2009.

"Pasar consumer PC akan mencatat pertumbuhan yang cukup signifikan. Pertumbuhan YoY (year-on-year) pasar ini diperkirakan meningkat sekitar double-digit, saya tidak bisa memastikan angka pastinya," kata Martin optimis.

Berdasarkan laporan IDC per Q3 08, market size consumer PC (desktop) di Indonesia mencapai kurang lebih 900.000 unit.
 
PC rakitan masih menguasasi pangsa terbesar dengan besar pangsa 50 hingga 60 persen. Meskipun demikian, HP mengklaim pihaknya masih menduduki peringkat pertama untuk jajaran vendor bermerk dengan penguasaan pangsa 14 hingga 16 persen.

"Dengan prediksi pertumbuhan mencapai double-digit, bisa jadi market sizenya mencapai hampir 1,5 juta unit pada kuartal yang sama tahun ini, dengan asumsi kondisi ekonomi stabil," ujar Martin.

Lebih lanjut, dia mengatakan, tren penjualan PC rakitan akan menurun tahun ini seiring turunnya harga retail PC bermerk. Sebaliknya, PC bermerk akan merebut sedikit pangsa PC rakitan.

"Pada akhirnya, konsumer akan cenderung memilih PC bermerk yang bergaransi, lebih terjamin, dan memiliki servis lebih baik. Karena, selisih harga retail yang ditawarkan vendor semakin kecil," ucap Martin.

Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan
Forum on “Expansion of Job Opportunities in Japan for Indonesia Resources”

Siapkan Tenaga Kerja yang Kompeten, Kemnaker Ajak Jepang Investasi Pelatihan Bahasa

Kemnaker mengajak pemberi kerja Jepang untuk berinvestasi dalam memberikan pelatihan bahasa Jepang bagi kandidat SSW Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024