Demo Sambut Wakil Gubernur di Pasar Koja

VIVAnews - Kunjungan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Prijanto, ke Pasar Koja disambut unjuk rasa puluhan pedagang. Kunjungan ini dilakukan menyusul kontroversi penggusuran pasar di kawasan Jakarta Utara itu.

Kepala Prijanto, Rabu 4 Februari 2009, para pedagang mengeluh soal pemungutan biaya sewa penampungan sementara yang terletak di samping lokasi gusuran. Padahal, sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjamin akan menggratiskan sewa penampungan sementara itu.

"Tulisan gratis itu baru dipasang tadi pagi sebelum wagub datang," kata Nawawi dari Poksi Federasi Organisasi Pedagang Pasar sambil menunjuk sejumlah spanduk yang menyatakan pedagang dibebaskan dari sewa penampungan sementara.

Sebelum kunjungan Prijanto, para pedagang menggelar doa bersama dan tabur bunga memperingati tragedi penggusuran Pasar Koja. Meraya juga merayakan pencopotan Direktur Utama PD Pasar Jaya pascapenggusuran.

enggusuran Pasar Koja sempat diwarnai kericuhan. Pedagang tak terima kiosnya dibongkar lantaran belum ada kesepakatan harga kios baru setelah pasar direnovasi Rp 12,5 - 22 juta permeter persegi. Mereka juga tak mampu membayar sewa kios sementara yang ditawarkan PD Pasar Jaya senilai Rp 2-3 juta per bulan.

Penggusuran itu juga membuat sejumlah dewan merasa dilecehkan. Sebab, dewan telah mengirim surat kepada Gubernur untuk menunda pembongkaran hingga ada kesepatan harga kios baru antara pedagang lama dan PD Pasar Jaya. Lantaran buldoser telah bekerja, dewan kemudian mendesak Gubernur agar tak ada pembangunan di Pasar Koja sebelum ada kesepakatan. Dewan pun berencana mengajukan hak interpelasi terkait masalah tersebut.

Iran Bantah Rudal Israel Meledak di Isfahan: Itu Drone yang Ditembak Jatuh
Alvina Elysia Dharmawangsa

Mengenal Sepak Terjang Karier Alvina Elysia, Dirut Perempuan di Anak Perusahaan Pupuk Kaltim

Alvina Elysia Dharmawangsa Mengawali karier di tahun 2008 sebagai staff Process Engineer di pabrik Pupuk Kaltim usai menuntaskan pendidikan tingginya dari jurusan Teknik

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024