Menakertrans: Tak Ada Pemulangan 100 Ribu TKI

VIVAnews - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno membantah adanya pemulangan 100 ribu Tenaga Kerja Indonesia dari Malaysia seiring krisis global yang dampaknya terasa di negeri jiran itu.

Sebelumnya Duta Besar Indonesia di Malaysia Da'i Bachtiar seperti yang dilansir Straits Times menyatakan akan ada pemulangan 100 ribu TKI Indonesia di sektor manufaktur Malaysia.

Erman mengaku hari ini ia telah berkoordinasi dengan Dubes RI untuk meminta penjelasan mengenai masalah ini. "Dari kedutaan baru saja mengirim fax klarifikasi Nomor 096/AS/SBK/0209," kata dia di kantornya, Kamis 5 Februari 2009.

Dari koordinasi antara keduanya, diketahui memang ada krisis di sektor manufaktur Malaysia. Order untuk pabrik-pabrik di negeri jiran itu sudah berkurang sekitar 30 persen. Padahal, TKI yang bekerja secara formal di sektor manufaktur tersebut mencapai 300.000 orang. Akibat berkurangnya order kemungkinan besar, perusahaan-perusahaan di sana akan mengurangi tenaga kerjanya sesuai pengurangan order itu, atau sekitar 100 ribu TKI.

"Sebenarnya karena penurunan order di sana mencapai 30 persen, angka 100 ribu kemungkinan dihitung dari situ. Jadi 100 orang ini masih prediksi. Jadi belum terjadi," katanya.

Dari pembicaraan dengan Da'i Bachtiar diketahui pula hingga saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang sudah melapor akan memulangkan TKI. Jumlahnya hanya 10.000 orang. "Mereka sudah dipulangkan semua sejak awal krisis, tapi karena mereka bekerja di sektor formal, maka kepulangan tidak secara massal, paling 70 atau 50 orang secara bertahap," katanya. Selain itu, kata Erman, Depnakertrans meminta hak-hak TKI yang dipulangkan dipenuhi dan diberi ongkos pulang.

Ermman juga menjelaskan, dalam pembicaraan saat  kunjungan kerja ke Malaysia dengan Menteri Sumber Daya Manusia Malaysia,  pemerintah negeri itu berkomitmen pemulangan TKI akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan skedul pengurangan tenaga kerja di pabrik, sehingga tidak bersifat massal.

Untuk mengantisipasi TKI yang dipulangkan, Depnakertrans bersama Deplu akan memonitor skedul pemulangan. Selain itu sesuai dengan program yang sudah disusun, pemerintah akan mengadakan pelatihan terhadap para TKI ini untuk alih profesi di daerah pemulangan masing-masing.

Selain sektor manufaktur, sektor lain di Malaysia seperti perkebunan dan konstruksi belum menunjukkan tanda-tanda akan melakukan PHK. Sebab sektor konstruksi belum terkena dampak karena proyeknya multiyear dan on going project, sehingga sudah ada anggaran kontrak untuk tenaga kerjanya.

Ada yang Janggal dalam Surat Sakit Gus Muhdlor, KPK: Ini Agak Lain Suratnya
Ilustrasi E-KTP.

Siap-siap, 92.493 NIK Warga Jakarta Bakal Dinonaktifkan Pekan Depan

Penonaktifan NIK itu tengah diajukan ke Kemendagri.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024