Survei Lembaga Riset Indonesia

Golkar Paling Atas, PKS Nomor Empat

VIVAnews - Survei yang dilakukan Lembaga Riset Indonesia 8-16 Februari 2009 lalu menemukan Partai Golkar meraih suara terbesar. Partai Demokrat di urutan kedua, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di nomor tiga, Partai Keadilan Sejahtera di nomor empat dan Partai Gerakan Indonesia Raya di nomor lima.

"Hasilnya atas pertanyaan jika Pemilu akan diadakan besok, partai apa yang akan dipilih, ternyata mayoritas menjawab Golkar," kata Direktur Utama LRI, Johan Silalahi, dalam jumpa pers di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Senin 23 Februari 2009.

Berikut 10 besar partai peraih suara dalam survei yang melibatkan 1,890 responden di 33 provinsi yang tersebar di 99 kabupaten itu:
1.   Golkar 20,1 persen;
2.   Demokrat 15,5 persen;
3.   PDIP 15,3 persen;
4.   PKS 11,6 persen;
5.   Gerindra 5,29 persen;
6.   Partai Amanat Nasional 5,13 persen;
7.   Partai Persatuan Pembangunan 2,86 persen;
8.   Partai Kebangkitan Bangsa 2,3 persen;
9.   Partai Hati Nurani Rakyat 1,96 persen;
10. Partai Bulan Bintang 0,9 persen.

Johan menyatakan Demokrat termasuk luar biasa. Sebagai partai baru, Demokrat sudah mampu bertarung di 3 besar dengan dua partai besar yang berpengalaman.

Johan juga memuji Gerindra sebagai partai baru yang melejit prestasinya. Menurut survei ini, Gerindra lolos parliamentary threshold. PKS juga dipuji karena masuk 4 besar dan mengalahkan partai-partai Islam lainnya.

Namun, lanjut Johan, "survei yang paling akurat adalah yang paling mendekati hari pencoblosan." Untuk itu, LRI juga akan mengeluarkan hasil survei lanjutan akhir Maret mendatang.

Responden survei diambil dengan multistage cluster secara proporsional. Margin of error lebih kurang 2,23 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan
Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus, Kuntadi

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

Lima orang kembali ditetapkan jadi tersangka kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan atau IUP PT Timah Tbk 2015-2022. Tiga ditahan

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024