PKS Buntuti Demokrat di Australia

VIVAnews - Partai Keadilan Sejahtera terus membayangi perolehan suara Partai Demokrat dalam Pemilu Legislatif 2009 secara umum di Australia. Hanya dua partai yang mampu meraih suara di atas 10 persen di Australia yaitu Demokrat, PKS, dan PDS.

Berdasarkan data yang masuk ke Tim Media Centre PKS ANZ, Jumat 10 April 2009, dari 7.445 suara yang sah, Demokrat mendapatkan suara terbanyak 3161 atau 42 persen. Di urutan kedua, PKS mendapatkan 1.205 suara atau 16 persen. PDS berada di tempat ketiga dengan 928 suara atau 12 persen. Disamping itu masih ada 2.000 surat suara yang dikirimkan via pos yang nantinya akan dihitung.

Secara umum, partisipasi politik masyarakat Indonesia di Australia untuk menyalurkan hak suaranya mengalami peningkatan sampai dengan 11 persen dibandingkan Pemilu 2004, sedangkan di Sydney naik sampai 87 persen, sementara di Perth, dan Melbourne terjadi penurunan sampai 50 persen. Dibandingkan perolehan tahun 2004, PKS mengalami peningkatan suara di Darwin, Sydney dan Canberra.

Sedangkan di Perth dan Melbourne, PKS mengalami penurunan suara akibat menurunnya jumlah pemilih yang menyalurkan hak suaranya.

"Terima kasih saya sampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia di Australia yang telah menyalurkan hak pilihnya dengan baik dalam Pemilu Legislatif 2009 ini. Mudah-mudahan hasil pemilu ini mampu membawa Bangsa Indonesia ke arah yang jauh lebih baik lagi.", kata Presiden PIP PKS ANZ, Muhammad Arifin, dalam keterangan yang diperoleh VIVAnews.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu
Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024