Miranda: Modal Asing Masuk Perkuat Rupiah

VIVAnews - Aliran dana asing ke Indonesia sempat memicu penguatan kurs rupiah dan indeks saham belakangan ini.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Miranda Goeltom mengatakan aliran modal itu lebih baik daripada tidak ada dana yang masuk sama sekali. "Karena itu, rupiah sempat menguat," kata dia di Jakarta, Kamis 23 April 2009.

Dia mengatakan penguatan rupiah tidak berdiri sendiri. Namun juga dipengaruhi oleh faktor regional dan sentimen global. Saat ini sentimen global lebih membaik. Secara global, Miranda melihat adanya harapan yang baik.

Sedangkan, dari sisi domestik diperkirakan inflasi pada April akan menurun dibandingkan Maret dan nilai tukar terus membaik. Apalagi, dari sisi neraca pembayaran juga tidak terlalu terpengaruh. Kendati ekspor turun, harga komoditas mulai merangkak naik.

"Maka tak mengherankan, jika investor internasional kembali masuk ke sini," katanya.

Ketika ditanya apakah saat ini dampak krisis sudah mencapai titik dasarnya, Miranda mengatakan krisis ini masih akan berlangsung panjang sehingga proses pemulihan pun membutuhkan jangka waktu lama. "Kalau dianalogikan huruf U, sekarang lebih panjang dasarnya," katanya.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024