Sistem Suara Terbanyak Pemilu

Golkar Optimistis Tak Menimbulkan Konflik

VIVAnews – Partai Golongan Karya (Golkar) optimis penerapan sistem suara terbanyak dalam menentukan calon anggota legislatif Pemilihan Umum 2009 tidak akan menimbulkan silang sengketa.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

“Semua sudah sepakat dan calon membuat surat pernyataan,” kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Rully Chairul Azwar, kepada VIVAnews, Senin 24 November 2008.

Rully mengatakan Undang-Undang Pemilihan Umum (UU Pemilu) 2008 memang mengatur penentuan calon anggota legislatif berdasarkan nomor urut, bukan suara terbanyak.  Namun, kata Rully, pelanggaran hukum dapat dihindari dengan menggunakan pasal 218 UU Pemilu. Pasal ini tentang calon legislator bisa mengundurkan diri apabila berhalangan.

MIND ID Pastikan Beri Manfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya

Penerapan sistem suara disepakati dalam Rapat Pimpinan Nasional Partai Golkar November 2008.  Sistemini saat diputuskan sempat memicu protes di internal partai. Walau begitu, sistem ini tetap diberlakukan. Bahkan, rapat pimpinan itu memutuskan bahwa setiap calon legislator harus membuat surat pernyataan tertulis. Isi surat pernyataannya adalah calon mundur sukarela bila dalam Pemilu Legislatif 2009 tidak mendapat suara terbanyak.

Menurut Rully yang paling terkena imbas penerapan sistem itu adalah calon anggota legislatif yang mendapat nomor urut satu. “Nomor urut satu tetap harus mundur, bila perolehan kursinya tidak banyak. Sebab dua sudah membuat pernyataan lewat surat itu,” katanya.

Indonesian Students Victim of Germany Human Trafficking Mostly In Debt

Apabila calon nomor urut pertama mencabut surat penyataan dan menolak mundur, kata Rully, partai tetap akan memberhentikannya. Ketentuan pemberhentian ini, katanya, sudah disepakati dalam Rapat Pimpinan Nasional November 2008.

Rully mengaku penerapan sistem suara terbanyak berpeluang menimbulkan persaingan tidak sehat sesama calon partai Golkar di daerah pemilihan yang sama. “Bisa sikut-sikutan. Bisa bunuh-bunuhan. Tapi, kami sudah mengatur kode etik kampanye,” katanya.

Tapi sisi positifnya adalah masing-masing calon legislatif memiliki peluang yang sama. Mereka, kata Rully, akan sama-sama bekerja keras sehingga mesin politik bergerak.

Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024