Malaysia Haramkan Yoga

‘Yoga adalah Olah Mental dan Fisik’

VIVAnews – Dewan Fatwa Malaysia menyatakan yoga haram karena mengandung ritual Hindu. Benarkan demikian? Menurut Instruktur Yoga Ananda Marga Indonesia, Indrayana, yoga bersifat universal dan tidak ada kaitannya dengan ajaran Hindu.

PB IKASI Kirim Arval Raziel dan Ricky Dhisulimah Ikut Kualifikasi Olimpiade

”Yoga adalah olah mental dan fisik, bagaimana orang memahami diri,” kata Indrayana, dalam perbincangan dengan VIVAnews,  Senin 24 November 2008.

Menurut Indrayana, banyak orang yang merasa tertekan atau stres  merasa terbantu dengan yoga.

Ketum PAN Siapkan 2 Kadernya di Pilkada Jakarta, Eko Patrio Salah Satunya

Latihan yoga, katanya, justru seringkali membantu praktek ritual agama. ”Misalnya shalat lebih khusuk, di gereja lebih konsentrasi,” katanya.

Secara historis, katanya, yoga tak ada kaitannya dengan ajaran Hindu. Pada prinsipnya, tambah Indrayana, yoga adalah pengetahuan soal hidup yang lebih baik, termasuk bagaimana mandi yang baik, makan yang sehat, bagaimana berpikir positif, dan bagaimana berhubungan dengan orang lain. ”Gaya hiduplah,” katanya.

Melesat Jadi Pangdam, Mayjen TNI Haryanto Serahkan Jabatan Panglima Divif 2 Kostrad ke Sohibnya

Tidak ada parameter seseorang dikatakan berhasil dalam melakukan latihan yoga. Menurut Indrayana, keberhasilan tergantung bagaimana orang melihat dirinya sendidi. ”Yoga adalah soal kesadaran, tentang diri,” katanya.

Terkait fatwa haram yang dilekatkan pada yoga di Malaysia, Indrayana memilih tidak berkomentar. ”Banyak hal yang harus dipahami dari yoga,” kata dia.

Trent Alexander-Arnold saat Arsenal vs Liverpool

Trent Alexander-Arnold Siap Bangkitkan Juara Liverpool

Alexander-Arnold telah diberi peran bebas ketika Liverpool menguasai bola dan dia menjelaskan bagaimana Klopp menyuruhnya untuk bermain seperti gelandang.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024