Statoil Norwegia Siap Garap Blok Natuna

VIVAnews - Perusahaan minyak dan gas pemerintah Norwegia, Statoilhydro Norway, siap bekerjasama dengan Pertamina untuk mengelola Blok Natuna D Alpha di Kepulauan Riau.

Presiden dan Chief Executive Officer Helge Lund mengatakan, Statoilhydro memiliki teknologi dan pengalaman yang memadai untuk mengelola gas di blok tersebut.

"Kami memiliki pengalaman eksplorasi di laut dalam dan pengelolaan CO2," kata Lund setelah menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wapres, Jakarta, Rabu 3 Desember 2008. Lund didampingi Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Elvind S Homme, Wakil Presiden Eksekutif bidang Eksplorasi Internasional Peter Mellby, dan Presiden Direktur Statoil Tor Fjaeran.

Selama ini pengelolaan Blok Natuna D ALpha membutuhkan biaya tinggi dan teknologi khusus untuk memisahkan kandungan CO2 dari gas. Pengembangan Blok Natuna tersendat karena gas dari blok tersebut memiliki kandungan karbondioksida (CO2) relatif tinggi, yaitu 70 persen dari total cadangan gas yang mencapai 24 triliun kaki kubik.

Menurut Lund, keadaan di blok Natuna D Alpha serupa dengan kondisi kilang minyak lepas pantai di Norwegia. "Di Natuna CO2 tinggi, sama dengan Norwegia," katanya.

Perusahaan migas Norwegia ini pun kini memfokuskan diri pada pertukaran teknologi untuk mengembangkan kompleks lepas pantai dan pengelolaan gas Natuna. Namun Statoil akan tetap mengikuti prosedur lelang yang ditetapkan Pertamina dan pemerintah Indonesia.

Sebelum Natuna, Statoil telah bekerja sama dengan Pertamina di Blok Karama, Sulawesi Selatan. Di Blok Karama, Pertamina memegang saham sebanyak 49 persen, dan Statoil 51 persen. Kerjasama ini disepakati pada 2007. Statoil juga memegang saham di Blok Kuma, Sulawesi Barat.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini
Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

Arema FC dalam catatan buruk di dua laga terakhir Liga 1. Teranyar mereka dipecundangi Persebaya Surabaya dengan skor 0-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024