Bebas Fiskal Berlaku

Jumlah Pembayar Fiskal Anjlok Hingga 70%

VIVAnews - Jumlah pembayar fiskal turun langsung anjlok hingga 70 persen menyusul penerapan kebijakan bebas fiskal oleh Direktorat Jenderal Pajak mulai 1 Januari 2009.

Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba, Terkena Kutukan Podcast Deddy Corbuzier?

Penurunan itu terjadi di sejumlah loket bank pembayaran di Terminal 2, Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang. Meski menurun drastis, para penumpang yang tak memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP) terpaksa membayar fiskal Rp 2,5 juta.

Sebut saja misalnya di loket Bank Bukopin. Sejak pukul 00:00 WIB - 10:00 WIB, bank ini baru mencatat sekitar 60 orang pembayar fiskal. Padahal dalam kondisi normal, biasanya pembayar fiskal untuk tujuan luar negeri mencapai 200 orang per hari.

"Paling ramai pagi atau shift satu, karena jadwal penerbangannya memang banyak," ujar Staf Teller Pembayaran Fiskal Bank Bukopin, Muhammad Ilham, Kamis, 1 Januari 2009. Bahkan, pada hari libur biasa pembayar fiskal bisa mencapai 300 orang.

"Penurunan ini cukup drastis," katanya. Tak heran jika Ilham mengaku lebih santai dan lebih rileks dalam bekerja.

Di loket pembayaran fiskal Bank Mandiri juga mengalami nasib serupa. Sejak dibuka pukul 05.00 subuh hingga pukul 11:00 WIB tercatat hanya 50 pembayar fiskal. Jumlah ini menurun dibanding kondisi normal yang biasanya mencapai 150-300 pembayar.

Kepala Kantor Wilayah Dirjen Pajak Jakarta Timur, Maizar Anwar mengatakan penurunan ini memang implikasi dari penerapan bebas fiskal. Penurunan disumbang terutama bagi mereka yang sudah memiliki NPWP, para pelajar dan juga orang pribadi yang semula bebas fiskal sampai umur 12 tahun kini ditingkatkan umurnya menjadi kurang dari 21 tahun.

"Sampai jam 10 pagi tadi, ada 10 penerbangan dengan jumlah yang bebas fiskal sebanyak 496 orang dan yang membayar sebanyak 137 orang," ucapnya di Bandara Sukarno Hatta, Kamis, 1 Januari 2009.

Jumlah ini, menurut dia, masih akan terus berubah sampai dengan jadwal penerbangan terakhir malam hari. Namun semakin sore hari dikatakan jadwal penerbangan semakin sepi.

Bandara Sukarno Hatta sendiri menyediakan lima loket untuk pembayaran fiskal. Loket tersebut masing-masing ditempati oleh Bank Bukopin, Bank Mandiri, Bank BCA, Bank Buana dan Bank Lippo.

Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Showbiz VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Rabu 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024