Periksa Hutan, BPK Kerja Sama dengan Lapan

VIVAnews - Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK akan menekenĀ  kerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional untuk memperoleh data dari penginderaan jarak jauh atau remote sensing.

Menurut Sekretaris Jenderal BPK, Dharma Bhakti, teknologi yang dimiliki Lapan tersebut dapat digunakan di bidang pemeriksaan hutan.

Royal Enfield Guerilla 450 Siap Meluncur, Bakal Bersaing dengan Motor Ini

"Pada akhirnya, kualitas pemeriksaan pengelolaan keuangan di daerah bisa ditingkatkan lagi," kata Dharma dalam rilis yang diterima VIVAnews, Rabu 14 Januari 2009.

Ia menjelaskan teknologi penginderaan jarak jauh tersebut biasa digunakan di bidang kehutanan, pertambangan, pertanian, kelautan, pengembangan wilayah, dan nitigasi bencana.

Dengan penandatanganan kerja sama tersebut, lanjut Dharma, BPK hanya akan meminta data yang diperlukan untuk kepentingan pemeriksaan pengelolaan uang tersebut.

"Lapan merupakan mitra strategis dalam mengembangkan dan meningkatkan potensi pemeriksaan BPK berspektif lingukungan," tambahnya.

BPK dan Lapan akan bekerja sama di tiga ruang kerja, yakni pemanfaatan data dan teknologi, penguatan dan kompetensi sumber daya manusia, dan penyediaan konsultasi.

BPK, kata dia, memiliki tangung jawab dalam pemanfaatan data untuk pemeriksaan, sedangkan Lapan bertanggung jawab atas penyediaan dan validitas data hasil remote sensing yang sesuai pemeriksaan BPK dalam pengelolaan keuangan negara.

Keren, Jurnal Ahkam UIN Jakarta Masuk 100 Jurnal Terbaik Dunia
Berani Adang Maling, Karyawan Alfamart di Semarang Naik Jabatan Jadi Kepla Toko

Berani Adang Maling, Karyawan Alfamart di Semarang Naik Jabatan Jadi Kepala Toko

Aksi pemberani karyawan Alfamart di Tlogosari, Muktiharjo Kidul, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mengadang dan menarik maling viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024