Stimulus Sektor Riil

Menkeu: PPh Turun, Keberhasilan Lobi Kadin

VIVAnews - Pemerintah akan kehilangan penerimaan pajak penghasilan sedikitnya Rp 40 triliun tahun ini. Penurunan akibat stimulus pajak bagi sektor usaha.

Penurunan ini, kata Menteri Keuangan Sri Mulyani terjadi berkat keberhasilan lobi pengusaha yang tergabung dalam Kadin Indonesia. "Untuk tahun 2009, Kadin telah berhasil membuah UU PPh dengan tarif yang dilobi untuk turun," kata Menkeu dalam sambutannya pada pertemuan pengurus baru Kadin Indonesia di Graha Niaga, Jakarta, Kamis 15 Januari 2009.

Meski terjadi penurunan pajak penghasilan secara signifikan,  Menkeu menyatakan penerimaan pajak secara konsisten akan  meningkat.

Sedangkan stimulus Pajak Penghasilan (PPh) 25 bagi dunia usaha  bakal merevisi penerimaan sekitar 20-25 persen. "Akan dilakukan PPh 25 per bulan," kata Menkeu.

Sedangkan untuk Pajak Penghasilan (PPh) 21 karyawan ditanggung pemerintah difokuskan untuk mencegah PHK dan menciptakan lapangan kerja baru. "Beberapa perusahaan sudah dilihat karakteristiknya dalam menghadapi krisis dan pemerintah saat ini sedang merumuskan sektor mana saja yang membutuhkan," ujarnya.

Sementara Wakil Ketua Umum Kadin Hariyadi Sukamdani mengusulkan agar tarif PPh 25 diturunkan lagi menjadi 25 persen. Sebelumnya, melalui UU PPh yang baru, pemerintah telah menurunkan tarif yang semula 30 persen menjadi 28 persen untuk tahun 2009. "Kami minta untuk diturunkan langsung menjadi 25 persen," kata Hariyadi.

Menurut Hariyadi, pemerintah memang mengkhawatirkan penurunan penerimaan pajak jika langsung diturunkan menjadi 25 persen. "Namun, seharusnya pemerintah tidak perlu khawatir karena lebih baik sementara ini mengalami penurunan tapi kapasitas industri maksimal," katanya.

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat
Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024