Layanan Email Gratis

Google Gelar Gmail versi Offline

VIVAnews - Google akan menyediakan akses offline berbasis browser terhadap aplikasi webmail Google Mail (Gmail) menggunakan Gears. Fasilitas ini merupakan fungsi yang memungkinkan pengguna memakai interface Gmail untuk mengakses berbagai aplikasi meskipun sedang dalam kondisi tidak terhubung ke Internet. Fungsi itu sendiri sebenarnya sudah dipersiapkan sejak pertengahan 2007 yang lalu.

Gears, yang merupakan plug-in untuk browser didesain untuk menyediakan akses offline terhadap aplikasi yang tersedia di internet seperti Gmail. Saat ini, Gears sendiri sudah digunakan untuk memberikan akses offline pada beberapa aplikasi web dari Google misalnya Reader RSS manager dan Docs word processor. Penyedia aplikasi lain seperti Zoho juga menggunakan Gears untuk memberikan akses offline pada aplikasi email dan pengolah kata berbasis browsernya.

“Mengaplikasikan Gears ke Gmail merupakan tugas yang sangat kompleks,” kata Rajen Sheth, Senior Product Manager for Google Apps, seperti VIVAnews kutip dari PCWorld, 28 Januari 2009. “Kesulitan utama adalah karena banyaknya jumlah pesan yang bisa disimpan dalam satu akun. Gmail merupakan rintangan yang sulit,” kata Sheth.

Yang menarik adalah, Google tidak membuat penggunanya mereplikasi seluruh inboks Gmailnya ke komputer lokal yang berarti pengguna harus mentransportasikan data dalam ukuran gigabyte ke harddisk. Google mengembangkan algoritme tertentu yang secara otomatis menentukan pesan mana yang perlu didownload ke PC dengan mempertimbangkan sejumlah faktor yang merefleksikan tingkat kepentingan bagi penggunanya. Sayangnya, di sini pengguna tidak dimungkinkan untuk mengubah setting secara manual.

“Kami mengusahakan bagaimana informasi dikelola sebaik mungkin secara offline sehingga pengguna merasakan seperti layaknya mereka mengakses informasi tersebut secara online,” kata Sheth.

Sebagai contoh, pada Gmail, pengguna bisa memberikan label pada pesan email dan juga memberikan tag dengan icon bintang yang mengindikasikan tingkat kepentingan email. Google dapat menggunakan informasi itu untuk menentukan pesan mana yang perlu di-download. 

Sheth memperkirakan bahwa dalam banyak kasus, Gmail akan mendownload beberapa ribu pesan dan yang lebih diutamakan adalah pesan yang terbaru. Tergantung jumlah pesan yang masuk ke akun si pengguna, mereka bisa melakukan download pesan yang sudah masuk dua bulan atau dua tahun yang lalu.

Google akan mulai meluncurkan fungsionalitas offline Gmail Rabu ini dan diperkirakan akan tersedia untuk umum dalam beberapa hari ke depan.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini
Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024