Indonesia Usulkan Penyelarasan Dunia Kerja

VIVAnews - Pemerintah akan mengusulkan pemberlakuan penyelarasan dunia pendidikan dan dunia kerja dalam Konferensi Menteri-Menteri Tenaga Kerja se-Asia dan Eropa (ASEM-LEMC) II di Nusa Dua Bali.

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia supaya bisa sejajar dengan negara-negara Eropa.

Demikian disampaikan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, di Jakarta, Selasa 14 Oktober 2008.

Selain itu, konferensi juga akan membahas program keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Erman mengatakan, selain menjadi pemrakarsa, Indonesia dinilai berhasil dalam menerapkan program itu dengan baik. Keberhasilan ini kemudian menjadi parameter di negara-negara peserta konferensi.

Parameter keberhasilan, lanjut Erman, salah satunya dengan pemberian penghargaan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada perusahaan lokal maupun investasi asing yang tidak terjadi kecelakaan kerja (zero accident) sepanjang tahun.

Menteri tenaga kerja se-Asia Eropa ini juga akan aturan-aturan dalam ketenagakerjaan, di antaranya kualitas, pelayanan dan perlindungan tenaga kerja, dan hak-hak normatif pekerja.

"Dalam pertemuan ini akan dibangun strategi bersama kurikulum training tenaga kerja, sehingga berlaku lintas negara," kata Erman.

Indonersia sebagai tuan rumah, menurut Erman, akan menekankan beberapa tema agenda pembahasan konferensi untuk menindaklanjuti hasil konferensi ILO di Abu Dhabi.

Mangkir dari Pemeriksaan, KPK Bakal Panggil Lagi Gus Muhdlor Pekan Depan
TIm Voli Jakarta Livin Mandiri

Siap Bersaing, Jakarta Livin Mandiri Umumkan Daftar Pemain Tim Putri di Proliga 2024

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). 

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024