Pilih Tabir Surya Efektif

VIVAnews – Rusaknya lapisan ozon di atmosfer membuat sengatan sinar matahari semakin membakar kulit. Hal itu semakin meningkatkan risiko kanker kulit. Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, Anda perlu menggunakan krim tabir surya.

Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic

Berbagai produk krim antimatahari dengan segala kelebihannya ditawarkan. Tapi produk manakah yang paling efektif melindungi kulit?

Level sun protection factor (SPF)

Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya

Jangan terpaku pada produk mahal dan ternama. Yang perlu Anda perhatikan adalah level sun protection factor (SPF) dalam sunblock. Biasanya, levelnya 15, 25, dan 30. Banyak yang beranggapan, semakin tinggi SPF-nya, semakin efektif melindungi kulit dari sengatan matahari.

Tapi SPF tinggi tidak menjadi patokan efektivitas krim tabir surya. “Jika Anda tidak mengoleskan krim tabir surya ber-SPF 30 cukup banyak, hasilnya sama saja dengan memakai SPF 15,” kata Andrew Kaufman, MD, profesor dermatologi di University of California, Los Angeles (UCLA), Amerika Serikat.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Menurut para ahli kulit, SPF 15 sudah cukup asalkan dipakai secara benar. Tabir surya ber-SPF 30 hanya dipakai bila benar-benar diperlukan, misalnya bagi mereka yang sensitivitas kulitnya tinggi atau saat bepergian ke daerah dengan intensitas sinar matahari yang tinggi.

Bentuk produk

Produk tabir surya bentuknya macam-macam. Ada yang berupa krim, krim cair, dan juga spray. Menurut Henry W. Lim, MD, dari Skin Cancer Foundation, semua bentuk produk tabir surya bisa Anda pilih.

“Tak ada produk yang lebih unggul. Sepanjang Anda memakainya dengan benar dan konsisten, sunblock itu akan melindungi kulit dengan baik,” ujarnya.

Tips menggunakan tabir surya.

- Kenakan tabir surya 20-30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.
- Oleskan krim tabir surya secara merata ke seluruh kulit hingga meresap.
- Pakailah tabir surya sebelum mengenakan pakaian. Kulit yang tertutup pakaian juga perlu diolesi sunblock, karena bahan pakaian Anda belum tentu melindungi kulit dari sengatan matahari.
- Jika Anda hendak beraktivitas di dalam air misalnya berenang atau olahraga yang membuat Anda banyak berkeringat, pilih tabir surya yang antiair.
- Ulangi mengoleskan tabir surya setiap dua jam. Jika Anda usai berenang selama satu jam, keringkan badan dengan handuk, lalu oleskan lagi sunblock hingga merata dan meresap.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya