KPU Akan Adukan ke Polisi

Ijazah SMA Sukmawati Diduga Palsu

VIVAnews - Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Jakarta menyatakan Ketua Umum Partai Nasional Indonesia Marhaenisme, Sukmawati Soekarnoputri, memang pernah bersekolah di sekolah yang terletak di Jalan Setiabudi, Jakarta Selatan, itu. Namun tak ada dokumen yang menyatakan Sukmawati keluar dalam keadaan lulus.

Penemuan ini terungkap setelah komisioner Komisi Pemilihan Umum, I Gusti Putu Artha, mendatangi langsung SMA 3 Jakarta. Putu Artha menemui Kepala SMA 3, Hajjah Wieke Salehani. Dan hasilnya, tidak ada dokumen kelulusan Sukma.

"Atas penemuan itu, Komisi Pemilihan Umum akan menggelar rapat pleno. Dia kan tidak memenuhi syarat lagi. Kemungkinan besar akan dicoret (dari daftar calon)," kata Putu Artha di SMA 3, Jumat, 24 Oktober 2008.

Sukmawati mendaftarkan diri sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari daerah pemilihan Bali dengan nomor urut 1. Sukma menggunakan ijazah SMA 3 dan SMA 22 Jakarta. "KPU tidak akan ke SMA 22 karena sudah dapat keterangan dari kepala sekolah SMA 22, bahwa nomor induk yang tercantum dalam ijazah Sukmawati itu dilaporkan milik orang lain," kata Putu Artha lebih lanjut.

"Langkah pidana akan dilakukan, rencananya Senin [27 Oktober 2008] akan melapor ke Badan Reserse dan Kriminal Markas Besar Polri," kata Putu Artha.

Langkah melaporkan Sukma ke polisi sudah dilakukan Badan Pengawas Pemilu sebelumnya. Anggota Badan Pengawas Pemilu, Bambang Eka Cahya Widodo, yang ditemui di tempat yang sama menyatakan Pengawas Pemilu telah menindaklanjuti kasus ini secara pidana dan administratif.

Selain mengecek ke SMA 3, hari KPU juga mengerahkan 7 tim ke sejumlah instansi dan lembaga pendidikan. Tim bergerak serentak antara lain ke Institut Ilmu Pemerintahan, Badan Kepegawaian Nasinal dan beberapa instansi lainnya mengecek status pegawai negeri sipil beberapa orang calon anggota legislatif.

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto di acara Musrenbang Jambi 2025

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menyingung terkait dengan lahan di Sungai Penuh yang bisa dimanfaatkan menjadi lumbung ketahanan pangan. 

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024