Obama di Iklan Demokrat Papua

“Itu Kan Cuma Trik”

VIVAnews – Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Ahmad Mubarok, menilai tidak ada pelangggaran hukum  pada iklan partainya di Jayapura, Papua. Iklan partai itu menampilkan gambar Presiden Barack Obama dari Partai Demokrat Amerika Serikat guna menarik dukungan warga setempat.

Erik Ten Hag Bongkar Penyebab Antony Ledek Pemain Converty

“Saya kira tidak melanggar. Itu kan trik saja. Kemenangan Demokrat di Amerika itu menjadi fenomena dunia. Itu idenya dari sana,” kata Ahmad kepada VIVAnews, Kamis 20 November 2008.

Iklan ini terlihat di Jalan Sentani, Jayapura. Di baliho, gambar Barack Obama berdiri di antara gambar Presiden Yudhoyono dan gambar Lukas Enembe, Bupati Puncak Jaya.  Lukas juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrtat Papua. Di bagian atas baliho tertulis "Partai Demokrat mendukung kader Partai Demokrat Barack Obama menjadi Presiden Amerika Serikat. Change we can believe in".

Sinyal PKS Kembali Dukung Edy Rahmayadi di Pilkada Sumatera Utara?

Di tempat lain, terpampang gambar Henok Ibo, Obama dan SBY. Henok Libo adalah Ketua Dewan Pimpinan Cabang Demokrat Puncak Jaya yang juga wakil Bupati Puncak Jaya.

Tapi  bagi Badan Pengawas Pemilu, kasus ini adalah masalah baru. Sebab, kata anggota Badan Pengawas Pemilu, Wirdyaningsih, baru kali ini terjadi ditemukan.  Karena itu, pengawas pemilu akan mengkajinya.

Hormati Putusan MK, Ganjarist: Pertarungan Pilpres Sudah Selesai Namun Perjuangan Kami Belum

Undang-Undang Pemilu tidak mengizinkan kampanye menggunakan lambang-lambang di luar partai atau misalnya tanda palu arit. “Tapi, apakah foto Obama itu bisa dikategorikan lambang? Selama ini pengertian kami tentang simbol atau lambang itu, gambar partainya atau benderanya. Ini yang menarik,” katanya kepada VIVAnews.

Wirdyaningsih juga mempertanyakan apakah Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga Partai Demokrat di Indonesia sama dengan Partai Demokrat Amerika Serikat. “Kalau ternyata tidak ada garis darah antara keduanya, kan membohongi publik.”

Muhidin-Hasnur kandidat bakal Cagub-Cawagub Kalsel bersama Haji Isam

Maju Pilkada Kalsel 2024, Pasangan Muhidin-Hasnur Kantongi Restu Haji Isam

Kalsel- Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Muhidin memantapkan langkahnya maju sebagai bakal calon Gubernur Kalsel pada Pemilihan Kepala Daerah Kalsel 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024