Diambil Alih Pemerintah

Dana Darurat Century Masuk 24 November

VIVAnews - Bank Indonesia atas persetujuan Komite Stabilitas Sektor Keuangan (KSSK) akan menyuntikkan fasilitas pendanaan darurat (FPD) kepada Bank Century, Senin 24 November 2008. Besaran angkanya masih dihitung.

"Senin (dana masuk)," kata Kepala Lembaga Penjamin Simpanan Rudjito kepada wartawan di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat 21 November 2008.

Dana tersebut tidak akan dikucurkan sekaligus, tapi secara bertahap. Posisi rasio kecukupan modal (CAR) Bank Century, menurut Rudjito, di bawah batas maksimal yang ditetapkan Bank Indonesia sebesar 8 persen.

"Berapa nilainya tidak disebutkan tapi yang pasti akan memenuhi modal CAR minimum 8 persen," kata Rudjito. Jika dalam tahapan itu bank sudah stabil dan tercapai efisiensi, maka suntikan dana tidak sebanyak itu lagi.

Dalam proses penggantian seperti saat ini, manajemen baru akan melakukan konsolidasi untuk melihat kebutuhan pendanaan bank. Manajemen bank yang dipimpin Group Head Network Jakarta Bank Mandiri Maryono masih akan melihat kondisi terakhir bank.  "Kami akan menilai dari semua sisi, semua laporan yang ada baru bisa melakukan perubahan-perubahan," kata Rudjito.

Mulai hari ini, Jum’at 21 November 2008, PT Bank Century Tbk diambil alih oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Pengambilalihan bank tersebut oleh lembaga Pemerintah ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan keamanan dan kualitas pelayanan bagi para nasabah. Tim manajemen baru yang terdiri dari para profesional telah ditunjuk hari ini untuk mengelola dan meningkatkan kinerja bank.

Beberapa waktu lalu diberitakan bahwa terdapat minat dari investor untuk mengakuisisi bank ini. Namun karena proses akuisisi tersebut memakan waktu, maka demi memberi rasa aman dan kepastian segera bagi para nasabah Bank Century, kata Gubernur BI Boediono, pemerintah dan Bank Indonesia melalui Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) memutuskan pengambil alihan bank tersebut oleh LPS.

Untuk melaksanakan proses peralihan secara tertib, maka pada hari ini, bank tidak beroperasi untuk melayani transaksi perbankan untuk para nasabah. Namun demikian, pada hari Senin, 24 November 2008, bank dipastikan akan melayani para nasabah secara penuh, termasuk pelayanan kliring dan RTGS.

Boediono meminta segenap karyawan PT. Bank Century Tbk bekerja seperti biasa sesuai tugas masing-masing dan bekerja sama sebaik-baiknya dengan manajemen baru.

Wika Salim Ungkap Kondisi Terkini Tukul Arwana
Timnas Indonesia U-23

5 Fakta Menarik Jelang Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

Timnas Indonesia akan menghadapi Australia dalam lanjutan Piala Asia U-23 Grup A di Stadion Abdullah bin Nasser pada Kamis malam nanti, 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024