Pesta Blogger 2008

Pemerintah Berterimakasih Pada Blogger

Blogger
Sumber :
  • U-Report

Pemerintah berterimakasih kepada blogger atas peran aktifnya dalam membantu penyelesaian situs penghina Nabi Muhammad.

Pengumuman, Ini Pemenang BRI Write Fest 2023

"Kami berterimakasih kepada 'bapak blogger Indonesia' Enda Nasution, yang telah berinisiatip untuk menghubungi pihak Wordpress untuk menutup situs yang memuat kartun nabi," ujar Cahyana Ahmadjajadi, Dirjen Aplikasi dan Telematika Depkominfo, pada acara Pesta Blogger, di Jakarta, Sabtu 22 November 2008.

Kasus blog penghina Nabi memang menjadi topik yang hangat akhir-akhir ini. Seorang yang menggunakan nama maya IslamIdiot, membuat situs blog yang memuat kartun-kartun yang melecehkan Nabi Muhammad.

Tips Memotret Produk agar Menarik di Media Sosial

Namun, sebelum kasus itu memicu kontroversi yang lebih luas, Enda Nasution, blogger senior berjuluk Bapak Blogger Indonesia, itu langsung melaporkan blog tersebut kepada pihak Wordpress.

Dalam hitungan jam, situs tersebut akhirnya ditutup oleh pihak Wordpress, pada Rabu 19 November 2008, malam.

Hingga 9 Desember, Kompetisi BRI Write Fest 2023 Tawarkan Hadiah Ratusan Juta! Ini Syaratnya

Oleh karenanya, Cahyana juga menyampaikan penghargaan kepada pihak Wordpress yang merespon masalah itu dengan cepat.

Sangking senangnya dengan peran positif blogger, Cahyana mengatakan bahwa kegiatan blogging berperan besar bagi perkembangan digital di tanah air.

Selain itu, ia juga bisa mewujudkan spirit sumpah pemuda dalam gaya baru, yaitu dengan menggiatkan kegiatan blogging for society, blogging for enterpreneur, dan semacamnya.

"Saya yakin sumpah pemuda masih ada. kali ini dengan wujud yang berbeda, yakni lewat internet. Semangat pemuda terlihat lebih baru dan inovatif," katanya penuh semangat

Hampir sama dengannya, Firmansyah Rahim, Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementrian Ristek. Ia yakin blog juga dapat merangsang kepercayaan para turis asing untuk datang ke Indonesia.

Sudah menjadi rahasia umum, kejadian bom-bom di tahun-tahun lalu sedikit banyak juga berimbas pada turunnya jumlah wisatawan ke Indonesia.

"Dengan adanya kegiatan ini, para blogger harusnya bisa membuat terobosan baru untuk menggiatkan sektor pariwisata. misalnya melalui kegiatan photoblogging (blogging dengan konten foto), atau videoblogging (blogging dengan konten video)."

Pengusutan situs blog penghina Nabi sendiri saat ini masih diproses oleh pihak kepolisian. Polisi bekerja sama dengan pemerintah Amerika untuk menelusuri pemilik blog yang meresahkan masyarakat sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya