Agung: KPU Melakukan Banyak Kekeliruan

VIVANews – Ketua parlemen, Agung Laksono, mengkritik kinerja Komisi Pemilihan Umum. Komisi pemilihan itu dinilai kerap melakukan kekeliruan data pemilih.

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

“Komisi itu masih banyak keliru. Misalnya, daftar pemilih tetap maupun calon tetap tidak akurat,” kata Agung dalam pidato pembukaan masa sidang 2008-2009 di gedung Dewan Perwakilan Rakyat.

Agung mencatat bahwa komisi itu pernah melakukan kesalahan fatal. Kesalahannya adalah Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilihan Umum 2009 yang dipublikasikan tidak akurat. “Fatal. Ini pertama kali terjadi sepanjang sejarah pemilu di Indonesia."

Mimpi Jakarta LavAni Hattrick Juara Proliga

Agung mengatakan daftar itu memang diperbaiki. Namun, perbaikan yang dilakukan komisi itu tidak sempurna. Bahkan, kata Agung, hingga kini Daftar Pemilih Tetap juga belum selesai. “Ini harus jadi perhatian serius komisi itu."

Agung mengharapkan komisi itu fokus bekerja, terencana dan matang. Dengan begitu, katanya, hasil kerja sesuai dengan rencana. “Jadi tidak ganggu kerja proses pemilu secara keseluruhan,” katanya. “Kami membuka diri, terutama terkait pemahaman Undang-Undang nomor 10/2008 tentang Pemilu,” katanya.

Jokowi Bakal Siapkan Program Unggulan Prabowo-Gibran Masuk dalam RAPBN 2025
Ilustrasi warga Wamena, Papua memasukan kertas suara saat berikan hak suaranya pada Pemilu

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

Selain Kabupaten Puncak, pengawasan di Papua Tengah juga dikhawatirkan tak bisa maksimal saat Pilkada 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024