Barang Sale Bisa Ditukar?

Tanya:
Saya membeli tas brand ternama saat sale 50%. Dari harga tas senilai Rp 2.700.000 menjadi Rp1.350.000. Namun, setelah saya periksa lebih teliti di rumah, ternyata ada bagian yang sobek di dalamnya.

Ketika saya balik kembali ke toko tersebut, ia tidak mau menerima refund atau pergantian barang. Menurutnya, barang sale yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan atau ditukar? Apakah saya tidak bisa menuntut hak untuk mendapatkan barang dalam kondisi yang masih baik? Apa yang harus saya lakukan agar tidak rugi? 

Jawab:
Ada beberapa toko yang memang dengan cara kurang baik memberikan sale sebesar 50%. Salah satunya dengan menjual barang yang kondisinya sudah kurang baik, tanpa pemberitahuan pada konsumennya. Dan, sebagai konsumen bijak, cobalah terapkan prinsip ini:

Yang pertama, teliti sebelum membeli, baik barang maupun perjanjiannya (seperti: apakah barang yang sudah dibeli dan terbukti cacat boleh dikembalikan?).

Yang kedua, terapkan prinsip "If it is too good to be truth, than it is too good to be truth." Artinya, barang branded yang biasanya berharga mahal, tapi didiskon sebesar itu? Hmm, mungkin ada ‘sesuatu’ dibalik itu. Entah itu, modelnya sudah tidak tren lagi, atau memang ada cacatnya, atau alasan lainnya yang kita tidak tahu Intinya. Jadi, telitilah sebelum membeli

Konsultan:
Fauziah Arsiyanti Fauzan
Financial planner dr First Principal Financial Singapore

Cari Titik Lemah Demokrasi RI, Cak Imin Masih Ingin Hak Angket Digulirkan
2 siswa Indonesia meraih emas di kompetisi matematika dan bahasa Inggris dunia.

Kalahkan 11 Negara, Siswa Indonesia Sabet Emas Kompetisi Matematika Internasional di Australia

Selain juara kompetisi matematika internasional, siswa Indonesia lainnya juga berhasil meraih medali emas di kompetisi Bahasa Inggris bagi pelajar dari berbagai negara.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024