ICW: MK Kok Mau Ikutan Jadi Panti Jompo

VIVAnews - Koordinator Divisi Monitoring Peradilan Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho menyatakan prihatin atas permintaan hakim konstitusi untuk pensiun di usia 70 tahun.

"MK itu lembaga hasil reformasi, seharusnya cara berpikir hakim-hakimnya pun reformasi," kata Emerson. Ia mengatakan usia pensiun hakim agung 70 tahun ditentang banyak pihak karena akan menghambat regenerasi hakim agung. Selain itu, produktivitas hakim pun dipertanyakan di usia 70 tahun.

Permintaan hakim konstitusi itu terungkap dalam Rapat Konsultasi Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat dengan Mahkamah Konstitusi di gedung Mahkamah Konstitusi, Kamis 4 Desember 2008. "Kalau MA 70 tahun, kami juga 70 tahun dong," kata Ketua Komisi Hukum, Trimedya Panjaitan mengutip kata-kata salah satu hakim konstitusi.

Emerson menilai usia pensiun 67 tahun bagi hakim setingkat mahkamah sudah ideal sehingga tidak perlu dirubah. Kalau sampai pensiun 70 tahun disetujui, ia menduga ada kepentingan dibalik itu. "Sebab, usia lanjut itu periode yang tidak lagi produktif karena kesehatan mulai menurun," kata dia.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka
Erik Ten Hag

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Manajer Manchester United, Erik ten Hag telah mencermati tiga pemain tim U-18 yang menampilkan performa menarik pekan ini. Dia membawa para pemain tersebut gabung latihan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024