Penerapan Contreng di Pemilu 2009

Akan Banyak Surat Suara Tak Sah

VIVAnews - Calon anggota legislatif calon anggota legislatif di Sulawesi Selatan mengaku khawatir perubahan pemungutan suara dari menyoblos ke menyontreng menimbulkan masalah baru pada Pemilihan Umum 2009.

4 Tim Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Indonesia Siap Nyusul?

"Penyontrengan berpotensi banyaknya suara pemilih yang batal," kata Muhammad Ali, calon legislator Partai Hati Nurani Rakyat daerah pemilihan Sulawesi Selatan, Jum'at 5 Desember 2008.

Ali mengatakan lebih setuju sistem penyoblosan seperti yang diterapkan pemilihan 2004. Selain lebih mudah, katanya, tingkat kesalahannya juga kecil.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Kecemasan calon anggota legislatif itu muncul saat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Selatan sosialisasi sistem contreng di Hotel Palentino, Makassar. Calon legislator dari 38 partai politik menghadiri sosialisasi itu.

Iriany Bustami dari Partai Bintang Reformasi mengatakan penerapan sistem contreng jauh lebih sulit dibandingkan coblos. Selain karena ukuran gambar partainya kecil, kolom nomor urut dan nama juga telalu. Hal itu, katanya, akan menyulitkan yang usianya sudah lanjut. ”Resiko suara pemilih dibatalkan besar,” katanya.

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib

Itu sebabnya, komisi pemilihan diimbau terus menerus menyosialisasikan perubahan sampai masyarakat paham. Para calon legislator tetap mendukung jalannya pemilihan umum 2009 sukses.

Laporan: Zeena/Makassar

Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Baru-baru ini, beredar video viral menunjukkan peristiwa kecelakaan pengendara motor menabrak mobil BMW Seri 5 yang sedang ingin menyeberang dari sisi kanan jalan ke arah

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024