Pilkada Batal karena Tak Ada Uang

VIVANews - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, membatalkan proses pemilihan kepala daerah di Kabupaten Manggarai Timur putaran kedua yang direncanakan berlangsung akhir pekan ini, dengan alasan ketiadaan dana.

Ini adalah pilkada pertama di kabupaten pemekaran yang diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada  2007 lalu. Pembatalan meliputi proses verifikasi data pemilih, pengadaan dan pendistribusian surat suara, pengadaan tinta dan format tabulasi penghitungan perolehan suara serta tahapan pilkada lainnya.

Ketua KPUD Manggarai, Fransiskus Aci, dalam surat keputusan pembatalannya pada 7 Desember 208, menjelaskan, pembatalan tahapan pilkada disebabkan masalah uang yang nihil.

"Kelanjutan tahapan pilkada putaran kedua termasuk pencoblosan baru ditetapkan kembali setelah KPUD Manggarai berkonsultasi dengan Depdagri dan KPU Pusat," kata Fransiskus kepada wartawan, Selasa (9/12). Tim KPUD segera bertolak ke Jakarta untuk membicarakannya.

Dibintangi Yuki Kato dan Dion Wiyoko, Film Demi Si Buah Hati Hadirkan Cerita Menyentuh

"Dana belum cair hingga kini, jadwal pilkada putaran kedua harus berlangsung pada 13 Desember, maka tidak ada pilihan selain membatalkannya," kata Fransiskus.

Sebelumnya, DPRD NTT menyetujui dana hibah tahu anggaran 2009 Rp 5 miliar untuk membiayai pilkada putaran kedua ini. Namun belum ada penjelasan dari Gubernur NTT Frans Leburaya, kapan dana itu dicairkan.

3 Cara Menjual Uang Koin Rp1.000 Melati Biar Untung, Bisa Capai Rp100 Juta?

Pada putaran pertama yang berlangsung September lalu, perolehan suara tujuh pasangan calon tidak ada yang mencapai 30 persen jumlah suara sah.

Dua pasangan calon yang memperoleh suara terbanyak, masing-masing Yoseph Tote-Agas Andreas (Golkar) dan pasangan  Yoseph Biron Aur-Gorgonius D Bajang (PDI Perjuangan). Mereka ditetapkan sebagai pasangan calon yang berhak maju putaran kedua.

Laporan: Jemris Fointuna/Kupang

Perempuan usia 9 tahun di India jadi viral lantaran mampu mengangkat beban hingga 75 kg.

Viral! Perempuan 9 Tahun Mampu Angkat Besi 75 Kg

Perempuan berusia sembilan tahun di India mendapat julukan 'female version of Hercules' alias Hercules Perempuan, lantaran kuat mengangkat beban hingga 75 kilogram.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024