Skandal Gubernur Illinois

Blagojevich Tak Mau Mundur

VIVAnews - Gubernur Illinois, Amerika Serikat (AS), Milorad "Rod" Blagojevich, tak menggubris seruan presiden terpilih Barack Obama, untuk meninggalkan kursi gubernur. Rabu, 10 Desember 2008, Blagojevich juga mengacuhkan peringatan anggota Senat dari Partai Demokrat yang melarang Blagojevich melakukan penunjukan untuk memilih senator pengganti Obama.

Kemarin, atau sehari setelah penangkapan Blagojevich, politisi Illinois berupaya mencegah skandal Blagojevich meracuni Demokrat. "Setiap orang menginginkannya mundur," kata Barbara Flynn Currie, seorang pemimpin Senat di Illinois. Seperti Blagojevich, Currie adalah seorang Demokrat.

Obama bergabung dengan petinggi-petinggi Demokrat dari negara bagian Illinois, untuk menyerukan pengunduran diri Blagojevich. "Presiden terpilih setuju dengan Lt. Gov. Quinn dan yang lainnya bahwa dalam situasi seperti ini, akan sulit bagi gubernur [Blagojevich] untuk menjalankan tugas dan melayani warga Illinois dengan efektif," kata juru bicara Obama, Robert Gibbs. 

Mengenai apakah Obama mendukung pemungutan suara khusus untuk memilih senator baru, Gibbs mengatakan, "Obama yakin pada Majelis Umum Illinois. Mereka seharusnya mempertimbangkan bagaimana cara untuk mengisi kursi Senat dan "dengan tepat menerapkan proses pemilihan senator sehingga bisa menumbuhkan kepercayaan dari warga Illinois."

Mereka menambahkan, jika Blagojevich memilih untuk "tidak menggubris permintaan Kaukus Senat dari Demokrat, dan kemudian menunjuk pengganti Obama, maka Demokrat akan menerapkan otoritas konstitusional mereka untuk mengukur apakah orang seperti Blagojevich layak mendapat posisi. Konstitusi mengizinkan otoritas Senat untuk menolak pengambilan sumpah seorang anggota.

Petinggi-petinggi di Senat Illinois mengatakan bahwa mereka sedang menyiapkan pertemuan legislatif yang rencananya akan digelar awal pekan depan. Tujuan pertemuan itu adalah untuk memilih pengganti Obama. Banyak pejabat mengatakan bahwa Blagojevich seharusnya dikenai dakwaaan apabila ia menolak mundur.

Namun, hingga saat ini belum jelas berapa jumlah insentif yang diterima Blagojevich dari upaya menjual posisi lowong senator Illinois yang ditinggalkan Obama.

Sementara itu, Jesse Jackson Jr. dari Partai Republik mengatakan bahwa dia adalah kandidat nomor 5 Senat Illinois. Jakckson disebut Blagojevich- dalam rekaman suara yang diambil secara rahasia, sebagai orang yang mungkin mau membeli kursi lowong yang ditinggalkan Obama.

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Namun Jackson mengatakan, para jaksa meyakinkan bahwa dia tidak menjadi target penyelidikan. Dengan tegas dia juga mengatakan bahwa dia tidak terlibat dalam kasus jual beli posisi posisi senator baru. (AP)

Festival balon udara digelar di Pekalongan dan Wonosobo Jawa Tengah

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

AirNav telah mengeluarkan Notif atau NOTAM kepada pilot untuk waspadai munculnya balon udara yang diterbangkan secara liar di ketinggian 8.000 hingga 9.000 kaki.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024