Northstar Berkomitmen Ambil 25% Saham Bumi

VIVAnews - Northstar Pacific Partners Limited tetap berkomitmen mengambil alih 20-25 persen saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) yang kini masih dimiliki PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR). Northstar menggandeng 3-4 investor asing dan lokal. Saat ini, Northstar dan manajemen Bakrie masih bernegosiasi mengenai metode pembayaran.

Sumber eksekutif di Northstar mengatakan, penyelesaian transaksi diharapkan rampung secepatnya, atau akhir Desember 2008. Namun, target tersebut bisa mundur jika negosiasi belum rampung pada waktu yang ditentukan.

"Kami masih berkomitmen untuk melanjutkan transaksi ini," kata dia di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis 11 Desember 2008.

Sumber tersebut menambahkan, pihaknya berpotensi melanjutkan transaksi tanpa konsorsium, jika kebutuhan dana hasil negosiasi bisa diambilkan dari kas perusahaan. Sementara itu, Texas Pacific Group, memberi persyaratan jumlah minimum pada investasinya. Texas tidak masuk dalam konsorsium jika jumlah investasi kurang dari nilai yang sudah ditentukan.

"Tapi, mereka masih komit. Seluruh investor memahami dan mendukung langkah Northstar," ujar dia.

Dia mengakui, jumlah anggota konsorsium bisa bertambah. Northstar sudah menerima banyak peminat yang ingin bergabung dalam konsorsium. "Kalau ada yang bisa menginvestasikan lebih, mereka akan kami ajak juga," kata dia.

Pascapengambilalihan utang dari Oddickson Finance, jaminan (kolateral) pada pinjaman itu diserahkan kepada Northstar. "Kolateral tersebut pasti akan dialihkan sebagai saham," tuturnya.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Sebelumnya, Bakrie & Brothers berharap negosiasi untuk pembentukan perusahaan patungan (joint venture) antara perseroan dan Northstar Pacific atas kepemilikan saham di Bumi Resources diselesaikan paling lambat 24 Desember 2008.

Atas negosiasi tersebut, perseroan diharapkan dapat memiliki kembali saham PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG), PT Bakrieland Development Tbk (ELTY), PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP), dan PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL).

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Bakrie & Brothers, Sri Dharmayanti, dalam keterbukaan informasi yang dipublikasikan PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu 10 Desember 2008 mengatakan, saat ini, perseroan sedang bernegosiasi atas utang dan saham yang diambil alih Northstar dari Oddickson Finance.

Menurut dia, Northstar telah sepakat untuk mengambil alih utang dan saham yang telah dijaminkan perseroan pada Oddickson. Jumlah kewajiban yang diambil alih oleh Northstar sebesar US$ 575 juta.

Sementara itu, saham-saham yang dijaminkan kepada Oddickson terdiri atas PT Bumi Resources Tbk (BUMI) sekitar 4,11 miliar unit, ENRG (5,76 miliar), ELTY (3,79 miliar), UNSP (222,29 juta), dan BTEL sebanyak 1,5 miliar saham.

Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024