Australia: Ali Alatas Sahabat Sejati Kami

VIVAnews - Pemerintah Australia ikut menyampaikan bela sungkawa atas wafatnya mantan Menteri Luar Negeri Indonesia, Ali Alatas, hari ini di usia ke-76 tahun. Diplomat ulung tersebut dianggap sebagai "sahabat sejati Australia" dan "tokoh sejarah penting yang memberikan sumbangsih besar terhadap hubungan Australia-Indonesia yang modern dan kawasan Asia-Pasifik." 

Demikian pernyataan tertulis Perdana Menteri Kevin Rudd dan Menteri Luar Negeri Stephen Smith - atas wafatnya Alatas akibat penyakit jantung - yang dikirim ke VIVAnews, Kamis sore 11 Desember 2008. "Hari ini kami mengenang Alatas dan sumbangsih besarnya terhadap pengembangan dan pengukuhan hubungan antara dua negara kita," kata Rudd.

Dia menuturkan bahwa Alatas sangat pantas dianugerahi Officer of the Order of Australia pada 1995 atas jasanya memperkukuh hubungan bilateral. Bagi Rudd, Alatas juga memberikan sumbangsih besar ke kawasan Asia-Pasifik termasuk penyelesaian damai Kamboja, saat menjadi ketua bersama Konferensi Perdamaian Paris, proses pendirian Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) dan Forum Kawasan ASEAN (ARF), untuk diskusi keamanan kawasan.

Rudd juga tidak lupa dengan peran Alatas sebagai Komisaris Komisi Pencegahan Penyebaran dan Pelucutan Senjata-Senjata Nuklir Internasional Oktober lalu. Politisi dari Partai Buruh tersebut lantas mengenang pertemuan terakhir dengan Alatas. "Pada Oktober lalu saya mengadakan perjamuan makan bagi para Komisaris di Kirribilli dan sangat berbahagia bertemu kembali dengan Alatas pada kesempatan tersebut," kata Rudd. 

Pernyataan duka juga dilontarkan Smith kepada istri Alatas, Junisa, dan ketiga anaknya. Menurut Smith, Alatas telah berbuat banyak untuk membantu membentuk lembaga-lembaga kawasan yang kini memainkan bagian penting dalam mendukung stabilitas dan kemakmuran ekonomi di Asia Tenggara dan kawasan Asia Pasifik yang lebih luas, termasuk secara khusus APEC.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?
Striker AC Milan, Rafael Leao

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

Penyerang AC Milan, Rafael Leao dinilai masih bisa meningkatkan level permainannya. Asalkan dia percaya terhadap diri sendiri, dan terus bekerja keras.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024