Ekspansi Produk

XFX Siap Jual VGA Radeon

XFX, salah satu divisi dari Pine Technologies dilaporkan akan berhenti memproduksi VGA berbasis Nvidia secara eksklusif. Kabarnya, perusahaan Hong Kong yang bisnis VGA-nya bermarkas di California, Amerika Serikat itu akan membuat VGA Radeon. Langkah yang diambil XFX bisa menggambarkan memburuknya posisi Nvidia dan menguatnya pengaruh kompetitor.

Menurut berita yang dilansir Hexus.net, Jumat 12 Desember 2008, konfirmasi XFX menandatangani perjanjian dan informasi detail mereka sebagai produsen VGA berbasis ATI (AMD) akan resmi diumumkan minggu depan. 

Walaupun dari sisi market share XFX secara keseluruhan tidak besar, tetapi XFX memiliki reputasi di kalangan pengguna antusias. Dengan membuat kartu grafis ATI, XFX dapat membantu popularitas VGA Radeon di kalangan gamer. Jika mereka melakukan hal yang sama terhadap VGA Radeon mereka seperti VGA GeForce yang sudah dioverclock dari pabrik, market share VGA kelas performa dari Nvidia kian terancam.

Sebelum ini, XFX juga telah melepaskan hak eksklusif mereka dalam membuat motherboard berchipset Nvidia GeForce dan Nvidia nForce dengan menjual motherboard berchipset Intel G31. Dalam waktu dekat, kemungkinan XFX juga akan membuat motherboard berchipset Intel lainnya, sejalan dengan akan diekspansinya bisnis motherboard mereka.

Sejumlah partner Nvidia Corp. belakangan melepaskan status eksklusif mereka setelah ATI meluncurkan VGA berbasis Radeon HD 4800 series. Secara keseluruhan, kartu grafis ini memiliki performa yang baik dibandingkan dengan kartu grafis Nvidia yang sekelas. Meskipun sampai kuartal ketiga 2008 pangsa pasar kartu grafis Nvidia untuk komputer desktop masih sekitar 60 persen, partner eksklusif mereka mulai berkurang. Saat ini, produsen besar bidang VGA yang masih membuat VGA GeForce antara lain adalah BFG Technologies, EVGA Corp. dan Leadtek Research.

Usai Ditangkap Polisi, TikToker Galih Loss Minta Maaf, Janji Tak Buat Konten Serupa
VIVA Militer: Kasum TNI pimpin upacara laporan kenaikan pangkat 19 Pati TNI

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat dipimpin oleh Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024